Enting – Enting Gepuk Arya Mas Salatiga

Sebagian besar masyarakat Jawa Tengah pasti sudah tidak asing dengan enting-enting gepuk. Makanan khas Salatiga yang berasal dari gula dan kacang tanah yang biasanya menjadi oleh-oleh wajib saat mengunjungi atau melintas di kota Salatiga.

Di Salatiga sendiri banyak sekali terdapat produsen enting-enting gepuk, namun setiap produsen mempunyai ciri khas masing-masing, baik itu dari cita rasa, cara pengolahan maupun kemasan. Hal yang menyamakan adalah cara penyajian enting-enting gepuk yang dicetak dengan bentuk segitiga.

Arya Mas adalah salah satu merek enting-enting gepuk yang populer di Salatiga.  Bahkan pemasaran produknya sudah meluas ke beberapa kota di Jawa Tengah termasuk Solo, Jogja, Surabaya, Jakarta, Bali, Lombok dan Makasar hingga Pekanbaru. Selain enting-enting gepuk, produk lain yang di buat oleh Arya Mas adalah Singkong Presto, Kue Manco, Kripik Paru, Kripik Cakar dan Kembang Goyang. Khusus untuk enting-enting gepuk, Arya Mas mempunyai cara pemasaran yang khusus. Strategi marketing yang unik dan berbeda diterapkan oleh  Totok, pemilik usaha enting-enting gepuk Arya Mas. Dengan salah satu produknya “Tingkers“, ia mencoba memasarkan enting-enting gepuk supaya bisa lebih diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. ” .. setelah dulu hanya konsen ke produksi dan berjualan produk, sekarang kami mencoba untuk mengembangkan dari sisi marketing , selain itu juga mengembangkan hubungan personal ke supplier-suplier atau agen-agen yang bekerjasama dengan kita. Kami juga sangat terbuka dengan riset. Kami pernah bekerja sama dengan Unika Soegijapranata, UKSW, UGM untuk meriset apapun yang berhubungan dengan produk kami. Misal, dalam hal bagaimana mengolah atau memilih kacang yang terbaik untuk produk seperti enting-enting.” – ucap Totok.

toko arya mas Alamat

Tingkers sendiri adalah enting-enting gepuk yang dipadukan dengan bahan lain seperti coklat atau kacang mete, kemudian dikemas dengan modern dan menarik. Dengan cara penyajian yang berbeda dan unik, produk ini terbukti mampu memikat pasar di beberapa kota besar, “..dari riset yang kita lakukan di beberapa kota seperti Surabaya, Solo, Jogja, pasar Tingkers mulai terlihat saat bulan februari kemarin, mindset orang tentang coklat di hari Valentine sudah mulai berubah dengan adanya produk tersebut. Tetapi walaupun berbeda, kami tetap menjaga ketradisionalan dari enting-enting gepuk itu sendiri.”

Jadi ,bagi anda yang sedang melintas atau berlibur di kota Salatiga, jangan lupa untuk mencoba salah satu makanan khas dari kota kami. (FK)

Arya Mas – Indonesian Traditional Snack

Jl. Abdul Amin I No.1 Pengilon, Salatiga

0298 – 325528, 08159946213

Email: totoksl3@yahoo.com

Previous Usaha Turun – Temurun “Karak Pak Kardi”
Next Aksi Demonstrasi Siswa SMA N 2 SALATIGA

You might also like

Iklan 1Comments

Cipta Karya Tas

Membutuhkan tas untuk promosi, seminar, souvenir pernikahan dan event perusahaan? Tidak perlu pesan di luar kota. Kini telah hadir di Salatiga pabrik tas promosi Cipta Karya Tas. Dengan pengalaman lebih

Hampra Fest.2017

  Hampra Fest. 2017 akan kembali hadir di Kota Salatiga Hampra Fest. yang sudah memasuki tahun kedua ini mengusung tema “Gipsy”. Dengan menghadirkan tema bernuansa pasar malam jalanan, yang diharapkan

Kuliner 1Comments

Makanan Spesial di Warung Sederhana

Tahukan anda sebuah kota kecil yang terdapat di antara perlintasan JOGLO SEMAR(Jogja, Solo, dan Semarang)?. Salatiga, sebuah kota yang saat ini sedang mengalami pembangunan, salah satu contohnya pembangunan jalan lingkar