Kandhang Galeri – Museum karya Raprika Angga

Kandhang Galeri merupakan salah satu galeri yang ada di kota Salatiga. Galeri ini terletak di kampung Togaten Pasarsapi tepatnya di Jl. Suropati gang I/565 B Mangunsari, Salatiga.

Awalnya ide untuk membangun galeri ini digagas oleh Bapak Bambang Priyanto untuk menyimpan karya-karya dari Ign. Raprika Angga Yulianto atau yang akrab dipanggil Angga. Angga adalah putra dari Bapak Bambang yang meninggal pada tanggal 14 Februari 2011 karena pendarahan otak. Angga meninggal di Yogyakarta saat masih studi dan menjadi mahasiswa seni lukis di ISI Yogyakarta. Untuk meghormati karya-karyanya, Bapak Bambang membangunkan putranya sebuah museum yang terletak dihalaman rumah pribadi beliau, tepatnya berada didepan rumahnya.

Galeri ini pertama diresmikan pada tanggal 25 Februari 2012, bertepatan juga dengan peringatan 1 tahun meninggalnya Angga. Pada saat pembukaan Kandhang Galeri ini digelar acara pameran tunggal lukis Ign. Raprika Angga Yulianto dengan tema “Semangat Dari Akhir Sebuah Kehidupan #2”.

Di dalam Galeri kecil ini kita bisa menikmati karya-karya lukisan, sketsa, patung, drawing dan barang-barang keseharian yang dipakai oleh Angga seperti cat untuk melukis, buku-buku koleksi Angga dan juga beberapa kanvas yang belum sempat di lukis.

Selain sebagai museum, saat ini Kandhang Galeri juga sebagai basecamp beberapa komunitas, antara lain Bener 7, redaksi kotasalatiga.com dan Komunitas Kampoeng Salatiga.

Untuk kedepannya galeri ini akan tetap dijadikan ruang untuk memamerkan karya-karya dari siapapun seniman yang ingin mengapresiasi seni di kota Salatiga. (RB)

Previous UKSW dan Kampoeng Salatiga tuntut Walikota
Next Kuda Lumping Krido Utomo

You might also like

Acara 0 Comments

Lomba Menggambar – Festival Mata Air 5

Lomba Menggambar Festival Mata Air (FMA) 5 Presented by Komunitas TUK (Tanam Untuk Kehidupan) Persyaratan Lomba Menggambar – Festival Mata Air 5 Karya dengan tema linkungan Media yang digunakan kertas

Komunitas 0 Comments

O.K (Orkes Keroncong) Satria Muda Salatiga

Saat ini budaya tradisi kita sudah mulai luntur karena himpitan budaya populer yang semakin memasyarakat. Hal ini juga sangat kita rasakan di bidang musik. Tetapi masih ada sebagian masyarakat yang

Sejarah 0 Comments

DRUMBLEK Salah Satu Aset Kesenian Kota SALATIGA

Para penabuh dengan beberapa atribut khasnya, memainkan musik dengan media tong bekas. Mereka memainkan musik secara berkelompok dengan berbaris layaknya sebuah kelompok Marching Band. Kita bisa menjumpai musik ini di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply


CAPTCHA ImageReload Image