Komunitas VW (VolksWagen) Salatiga

Malam minggu memang waktu yang asik buat jalan-jalan dan buat kumpul-kumpul. Banyak yang bisa kita lihat ketika meluangkan waktu buat berkeliling-keliling kota Salatiga. Salah satu hal unik yang dapat kita jumpai adalah ketika melewati salah satu hotel di jalan Jendral Sudirman. Disana ada komunitas VW Salatiga dengan mobil-mobil yang berjejer rapi di pinggir jalan. Sungguh pemandangan yang cukup menarik mata.

Komunitas VW Salatiga dibentuk 14 Februai 2004 silam, hingga kini tercatat 51 orang bergabung menjadi anggotanya. Komunitas yang diketuai oleh seseorang yang akrab disapa “Ardi” atau “Mas Ardi” ini memiliki kesekretariatan di jalan fatmawati no. 47 Blotongan Salatiga, hanya saja komunitas ini sering mengadakan kumpul-kumpul di ujung jalan Jendral Sudirman, tempat dimana kami menjumpai komunitas yang bersahabat ini.

Meskipun dengan anggota yang tercatat sekitar 51 orang, tidak banyak anggota memiliki waktu luang untuk berkumpul karena berbagai kesibukan, sehingga terkadang hanya beberapa saja yang dapat ikut kumpul dan mejeng mobil antik keluaran Eropa itu. Dari semua anggota VW Salatiga ini banyak yang berdomisili Salatiga, dan ada beberapa yang berada di wilayah Ambarawa yang kemudian ikut ke Salatiga. Kebanyakan anggota nya sudah bekerja, dan sisanya masih dibangku kuliah. Mobil VW yang mereka naiki sebagian besar adalah model Combi, hampir 80% adalah model combi. Ada beberapa juga yang memiliki model yang akrab kita sebut VW kodok, serta ada juga model Safari yang dimiliki dengan jumlah paling sedikit.

Selain agenda kumpul tiap malam minggu, komunitas ini juga aktif dalam acara-acara regional dan nasional. Seperti Jambore (regional) dan Jamnas (nasional) dengan kegiatan-kegiatan seperti sarasehan, touring, kontes atau baksos.

Menurut salah seorang anggota, komunitas ini sering mengadakan kegiatan baksos, dari berbagi takjil pada waktu bulan ramadhan, hingga uluran tangan pada korban bencana alam. Dari kepekaan tersebut, komunitas ini layak untuk diacungi jempol.

komunitas VW

Bagi para pembaca yang berminat bergabung dalam komunitas VW Salatiga, untuk menjadi anggota tidak lah susah. “Nggak… nggak ada kriteria khusus…. Asal pokoknya naiknya VW bisa gabung” – ucap seorang anggota komunitas. ” Semisal sudah akrab kayak gini, VW-nya dijual masih bisa gabung, silaturahmi lah pokoknya yang penting mas, dan nanti jadi ketularan lagi”. “Yang bukan komunitas vw saja ikut kutularan kok.  Karena virus vw itu bahaya, sudah punya satu jadi dua, sudah punya dua jadi tiga”. “Belum punya VW mau gabung saja boleh kok. Nanti lama-lama jadi kena virus”. Disamping memperoleh kesenangan dalam melestarikan alat transportasi tua dan antik, juga dapat bersosialisasi dan meramaikan keberadaan komunitas-komunitas yang ada di kota Salatiga tercinta ini. Dari tanggapan-tangapan tersebut terlihat sangat bersahabatnya berada di komunitas ini.

Bagaimana dengan anda, anda berminat untuk memiliki VW ? (AW)

Previous Berkuda di tengah deretan Gunung
Next Usaha Turun – Temurun “Karak Pak Kardi”

You might also like

Komunitas 0 Comments

SEGITIGA – Komunitas Unik Untuk Para Pecinta dan Penikmat Gitar

Sebuah komunitas tidak akan pernah lepas dari eksistensi karena hal tersebut sebagai penanda bahwa komunitas itu masih ada. Tidak hanya tentang keberadaannya saja namun juga keaktifan progress komunitas itu sendiri

Seni dan Budaya 0 Comments

DRUMBLEK Salah Satu Aset Kesenian Kota SALATIGA

Para penabuh dengan beberapa atribut khasnya, memainkan musik dengan media tong bekas. Mereka memainkan musik secara berkelompok dengan berbaris layaknya sebuah kelompok Marching Band. Kita bisa menjumpai musik ini di

Berita 0 Comments

Gunung Merbabu tujuan Hiking For Charity 2016

Hiking For Charity (HFC) adalah sebuah gerakan literasi yang dimotori oleh beberapa pemuda Indonesia. Gerakan ini berawal dari perenungan seorang pemuda bernama Nova Debi Wicaksono yang biasa dipanggil Ebi ketika

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply


CAPTCHA ImageReload Image