O.K (Orkes Keroncong) Satria Muda Salatiga

Saat ini budaya tradisi kita sudah mulai luntur karena himpitan budaya populer yang semakin memasyarakat. Hal ini juga sangat kita rasakan di bidang musik. Tetapi masih ada sebagian masyarakat yang bertahan untuk melestarikan musik tradisi. O.K Satria Muda Salatiga salah satu contoh kelompok musik tradisi yang masih bertahan dengan mengusung genre musik keroncong. Keroncong sendiri merupakan salah satu peninggalan nenek moyang bangsa kita dalam cabang seni pertunjukan.

O.K. Satria Muda ini beranggotakan kurang lebih 15 orang yang terdiri dari pemain musik dan penyanyi. Diberi nama Satria Muda karena dulu terbentuknya dari kumpulan anak muda yang hobi dengan musik keroncong dan mengadakan latihan rutin. Tetapi para anggotanya sekarang bisa dikatakan sudah tua-tua atau sudah sepuh. Hal ini yang membuktikan bahwa kelompok ini terbentuk sudah cukup lama. Uniknya dari pertama kali kelompok ini terbentuk belum ada pergantian personil hingga saat ini, sesuatu yang jarang terjadi dalam sebuah kelompok musik.

O.K. Satria Muda sedang tampil di pasaraya II

O.K. Satria Muda ini sering mengisi di acara-acara pernikahan, hajatan dan yang terakhir kemarin mengisi untuk acara Pentas Seni yang diadakan oleh Dishubkombudpar kota Salatiga bekerjasama dengan Dewan Kesenian Salatiga (DKS). Acara ini di selenggarakan di pelataran pasar raya I pada bulan April yang lalu.

O.K. Satria Muda Salatiga

Latihan rutin juga masih dilakukan O.K Satria Muda Salatiga setiap hari Sabtu malam mulai pukul 21.00 WIB. Latihan ini dilakukan di base camp yang berada di Kemiri (belakang kampus UKSW). Tetapi terkadang tidak menutup kemungkinan untuk di liburkan bila ada anggotanya yang berhalangan hadir karena kesibukan pekerjaan. Para penikmat keroncong bisa datang pada saat latihan rutin O.K. Satria Muda Salatiga untuk menikmati alunan musik keroncong dalam dinginnya malam Salatiga. Selamat berkunjung dan menikmati suguhan kesenian Salatiga. Salam Budaya. (Rp)

Previous Salatiga Berbenah
Next Daftar Rumah Sakit di Kota Salatiga

You might also like

Pre Event Salatiga How Art You – Percussion Night

Kamis malam 28 April 2016 di Hanna Resto Salatiga terdengar gemuruh tabuhan perkusi. Malam itu merupakan malam perayaan 1 tahun berdirinya Hanna Resto. Hanna resto menggandeng Forum Seni Salatiga dengan

Komunitas 0 Comments

SASI KIRANA “ASMARADANA”

SASI KIRANA merupakan sebuah komunitas yang rutin mengadakan kegiatan pada setiap tanggal 15 menurut penanggalan kalender Jawa. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah diskusi tentang tembang macapat (sastra jawa yang dinyanyikan

Berita 0 Comments

Sejarah Baru Drumblek Salatiga

Bagi banyak orang yang tinggal di luar kota Salatiga mungkin masih asing jika mendengar kata “drumblek”, karena kata ini memang tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun “drumblek”

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply


CAPTCHA ImageReload Image