Tips Memilih Kamera DSLR Sesuai Kebutuhan Anda

Kamera DSLR menjadi jenis kamera yang banyak digunakan pada saat ini , selain animo masyarakat kita sekarang yang sedang antusias dengan dunia fotografi, harga yang terjangkau, kualitas gambar yang cukup memuaskan dan sebagai produsen mereka mampu mengembangkan model kamera menjadi lebih mudah untuk digunakan ( user  friendly).

1. Harga – Menjadi poin yang penting untuk menentukan pertimbangan dalam membeli kamera DSLR .  Tentukan sendiri anggaran dana anda untuk kamera DSLR, tapi perlu diingat bahwa Anda harus mempertimbangkan biaya lain termasuk :

  • Lensa ( beberapa merk menawarkan ‘lensa kit’, namun pertimbangan untuk meng-upgrade lensa juga perlu di pikirkan)
  • Baterai (jika Anda bepergian mungkin memerlukan baterai cadangan)
  • Memory Card (sekarang banyak tersedia dengan kapasitas yang besar dan harga yang terjangkau).
  • Tas Kamera (pilih tas kamera yang memberikan kenyamanan dan perlindungan untuk peralatan anda)
  • Filter (setidaknya Anda akan ingin mendapatkan UV filter untuk setiap lensa  yang Anda beli , tetapi mungkin ingin menambahkan jenis lain).
  • Jaminan Garansi

2.  Kamera akan Anda gunakan untuk apa? – Ketika Anda tanya ke penjaga toko kamera , sebagian besar penjual akan menanyakan jenis fotografi apa yang ingin Anda lakukan?
Apakah sekedar hobi? Apakah Anda ingin bepergian dengan kamera? Apakah untuk fotografi olahraga? Makro Fotografi? Fotografi pernikahan?

3. Ukuran – kamera DSLR memiliki ukuran yang cukup besar. Beberapa fotografer tidak keberatan membawa peralatan yang berat, tetapi jika Anda akan menggunakannya untuk bepergian (travelling) maka model yang lebih kecil dan ringan bisa sebagai alternatif.

4. Peralatan / Aksesoris sebelumnya – hal menarik tentang DSLR adalah bahwa mereka kompatibel dengan beberapa peralatan mungkin telah Anda miliki. Terutama untuk lensa. Kemungkinan jika Anda memiliki lensa kamera SLR , mungkin akan kompatibel dengan DSLR yang dibuat oleh produsen yang sama. Jangan berasumsi bahwa semua lensa akan kompatibel  tapi itu dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk menghemat pengeluaran.

5. Resolusi – “berapa megapixels kamera tersebut?” adalah pertanyaan yang sering ditanyakan pada kamera baru. Jika Anda sedang mencari kamera yang hasilnya untuk dicetak dan diperbesar maka lebih baik dengan pilihan kamera yang mempunyai resolusi tinggi – jika Anda hanya akan mencetak dalam ukuran kecil atau menggunakannya untuk e-mail , laporan dan teman-teman anda, maka itu menjadi faktor yang tidak begitu penting.

6. Ukuran sensor – “Crop Factor” Istilah itu muncul ketika Anda berbicara tentang ukuran sensor gambar – secara umum sensor yang lebih besar memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih kecil.

7. Upgrade Masa Depan – apakah Anda berpikir untuk meng-upgrade kamera Anda lagi di masa mendatang?  Tanyakan kepada diri Anda bagaimana keahlian anda dalam fotografi dan apakah Anda adalah tipe orang yang belajar bagaimana untuk menguasai sesuatu dan kemudian ingin pergi ke model yang lebih tinggi yang memberikan kontrol dan fitur lebih lengkap.

8. Fitur lain
Kebanyakan DSLR memiliki banyak sekali fitur dan fleksibilitas, yang mungkin akan membingungkan Anda pada awalnya ketika Anda membandingkan mereka dengan satu sama lain. Semua memiliki fitur dasar seperti kemampuan untuk menggunakan aperture dan shutter, auto – manual fokus, dll. Berikut adalah beberapa fitur yang lebih umum yang mungkin ingin anda pertimbangkan:

  1.  Burst Mode – seberapa banyak kamera mengambil gambar pada saat shutter di tekan.
  2. Kecepatan Maksimum Shutter – Kamera DSLR sebagian besar memiliki kisaran yang sama  tetapi beberapa akan memiliki kecepatan yang lebih baik.
  3. ISO – berguna saat kondisi kekurangan cahaya.
  4. Video – beberapa kamera DSLR memiliki fitur video dan ada beberapa sudah mendukung format  Video HD.
  5. Ukuran LCD – Meskipun orang cenderung menggunakan viewfinder,  tentu akan menyenangkan untuk melihat preview gambar Anda di layar yang lebih besar.
  6. Anti Shake – Salah satu fitur yang penting  adalah teknologi Anti Shake (getar).  Sementara itu pada lensa terdapat  teknologi  “Image Stabilization” atau “Vibration Reduction” .
  7. Konektivitas – Mendapatkan file dari DSLR Anda dan masuk ke komputer atau printer biasanya  dengan melalui koneksi USB, namun ada juga yang menggunakan FireWire dan  atau Wireless.
  8. Flash – Umumnya kamera DSLR kelas profesional tidak menawarkan built in flash.

Semoga beberapa poin diatas dapat memberikan masukkan kepada Anda dalam menentukan kamera DSLR yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. (FK)

Ref : http://digital-photography-school.com/how-to-buy-a-dslr-camera

Gambar : http://au.fotolia.com

Previous Komunitas Salatiga Peduli
Next Make It Love - Konser Kolaborasi Keroncong, Jazz, Chamber dan Teater

You might also like

Teknologi 1Comments

Tips Memilih Tablet PC

Sebelum peluncuran iPad pada tahun 2010, pasar tablet belum populer, tapi sekarang tablet menjadi barang incaran sepopuler handphone. Tiap masing-masing produsen menawarkan spesifikasi yang berbeda dari ukuran layar sampai kemampuan

Artikel 0 Comments

The Power of “Lungguh” (F.A Brian Ganda Pratama)

Sudah asik dan tergantung dengan tekhnologi ciptaan negara Tetangga? sehingga kosakata kita saat ini makin dipenuhi oleh kosakata bahasa asing dari berbagai macam merek tekhnologi yang kita gunakan saat ini?.

Teknologi 0 Comments

Tips : Fotografi dengan Kamera Handphone – 2

Melanjutkan dari artikel sebelumnya – http://kotasalatiga.com/tips-fotografi-dengan-kamera-handphone-1/ 6. Hindari Menggunakan Zoom Digital Mungkin memang menarik untuk memperbesar subjek Anda saat mengambil gambar (jika Anda memiliki fitur zoom pada kamera ponsel Anda),

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply


CAPTCHA ImageReload Image