Tips Memilih OS untuk Tablet PC – 1

Hardware adalah salah satu faktor pertimbangan dalam memilih PC Tablet, faktor lainnya yang menentukan adalah Sistem Operasi atau Operating System (OS). Pada artikel sebelumnya sudah di bahas tentang memilih tablet PC berdasarkan hardware (Tips memilih Tablet PC), melalui artikel ini mari kita lihat berbagai sistem operasi yang digunakan oleh tablet, untuk melihat apa yang ditawarkan oleh masing-masing sistem operasi. Ciri-ciri tablet PC adalah flat, komputer praktis, tanpa keyboard fisik. Mereka datang dengan berbagai ukuran layar yang berbeda, dan berbagai spesifikasi internal yang berbeda, tapi secara keseluruhan mereka semua memiliki tampilan yang sama. Untuk konsumen, faktor yang paling membedakan tablet adalah dari sistem operasi. Banyak orang memilih tablet karena merupakan produk  Apple (iPad) yang menggunakan IOS Apple, atau memutuskan untuk memilih tablet dengan OS Android, atau secara khusus ingin memilih PlayBook BlackBerry karena sistem operasinya.
Jadi apa sistem operasi yang menarik? Apa pro dan kontra yang ditawarkan sistem operasi dan apa saja faktor-faktor penentu yang membuat suatu OS lebih menarik daripada yang lain? Mari kita lihat.

Google Android
Android ditujukan pada konsumen yang menggemari rekreasi ketimbang sistem operasi lainnya. Tablet Android pertama yang muncul menjalankan versi 2.x, seperti Samsung Galaxy Tab 7” dan HTC Flyer.Namun, OS Android tidak dioptimalkan untuk digunakan pada tablet dan sebagian besar produsen utama memutuskan untuk menunggu sampai Android 3 atau dikenal dengan Honeycomb. Sejak itu Adroid mulai berkembang cepat,  Android 3.x (versi sejauh ini, kami telah melihat 3.0, 3.1 dan 3.2 pada tablet yang berbeda. OS ini sangat ramah untuk pengguna (user friendly) dan dapat diisi dengan widget seperti konten kalender atau live update media sosial.
Sama seperti di smartphone, Android pada tablet menggunakan alamat Gmail Anda untuk fitur email, dan dilengkapi dengan Google Maps dan YouTube sebagai standar aplikasi serta berbagai aplikasi lainnya termasuk web browser, kalender (dengan Google Calendar sync), aplikasi pesan dan pemutar musik. Termasuk GPS untuk navigasi  dan layanan berbasis lokasi.

Iconia Android Tab

Iconia Android Tab

Anda dapat menambahkan aplikasi melalui Android Market, namun dari ribuan aplikasi yang ada sangat sedikit yang dioptimalkan untuk digunakan pada tablet PC, sebaliknya mereka lebih mempertahankan aplikasi mereka untuk smartphone. Meskipun demikian, jumlah aplikasi untuk tablet Android terus berkembang. OS Android sendiri terus berkembang sampai sekarang, yang terbaru adalah Android 4.0.x Ice Cream Sandwich yang diumumkan pada Oktober 2011, kemudian yang terbaru adalah Android 4.1.x Jelly Bean yang diumumkan pada bulan Juni 2012.

iOS untuk iPad
iOS adalah sistem operasi mobile Apple. Diluncurkan untuk iPhone pada tahun 2007, digunakan pula untuk iPod touch dan pada tablet Apple, iPad.  iOS tidak tersedia bagi produsen hardware pihak ketiga, sistem operasi ini hanya digunakan oleh Apple.
Sejauh ini, iPad yang paling stabil dari Apple adalah iPad 2 yang juga mempunyai bentuk lebih tipis lebih ringan dari iPad asli. IPad 2 tersedia dalam versi dengan atau tanpa dukungan 3G dan dengan 16GB baik, 32GB atau 64GB memori internal serta dengan chassis hitam atau putih.

iPad 2

iPad 2

iOS sendiri ini bisa dibilang sistem operasi tablet paling user-friendly, keseluruhan user desain antarmuka baik dari layar 3.5” dari iPhone dan iPod touch, ke layar 9.7” dari iPad 2 sangat bagus. Dapat dikatakan bahwa Apple mempunyai kelebihan dari perusahaan lainnya  dan telah memahami apa artinya untuk membuat sentuhan yang elegan, sistem operasi handal dan menarik untuk tablet. Ketika orang mencoba untuk mendefinisikan tablet yang paling ‘keren’ , iPad dari Apple sering muncul sebagai contoh utama.
iOS sudah mempnyai fitur built-in  untuk email, pemetaan, GPS, pemutar musik dan banyak lagi, dan mendukung sinkronisasi Google untuk email, kalender dan kontak. Seperti Android, iOS didukung oleh pasar aplikasi yang kaya dan bersemangat, meskipun lagi seperti Android banyak ribuan aplikasi yang di pasarkan tidak dioptimalkan untuk layar tablet berukuran besar.
iOS sudah satu langkah di depan Android dan Apple jelas berkomitmen untuk mengembangkan platform seperti iPhone, iPod, iPad dan semua elemen utama dari hardware.

Previous Atlantic Dreamland Salatiga
Next Tips Memilih OS untuk Tablet PC - 2

You might also like

Teknologi 1Comments

Tips : Fotografi dengan Kamera Handphone – 1

Fitur kamera digital sekarang ini dapat kita temukan pada berbagai gadget  – termasuk  yang paling umum pada Handphone / ponsel.  Ponsel yang ber-kamera adalah salah satu segmen yang tumbuh paling

Teknologi 1Comments

Tips Memilih Tablet PC

Sebelum peluncuran iPad pada tahun 2010, pasar tablet belum populer, tapi sekarang tablet menjadi barang incaran sepopuler handphone. Tiap masing-masing produsen menawarkan spesifikasi yang berbeda dari ukuran layar sampai kemampuan

Teknologi 0 Comments

Tips Memilih OS untuk Tablet PC – 2

Melanjutkan dari artikel sebelumnya : Tips memilih OS untuk Tablet PC – 1 BlackBerry Tablet OS Research in Motion (RIM) yang terkenal dengan BlackBerry-nya dari smartphone. Seperti Apple, RIM tidak

1 Comment

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply


CAPTCHA ImageReload Image