Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahas Tuntas Domain dan Jenis Ekstensi Populer


KotaSalatiga.com - Jika Anda merupakan seorang blogger, Anda tentu sudah sering mendengar kata domain, bukan? Sebab, sudah jadi rahasia umum jika penggunaan domain berbayar atau top level domain (TLD) menjadi sangat populer di kalangan blogger beberapa tahun belakangan ini agar terlihat lebih profesional.

Nama domain yang mereka pilih pun beragam. Ada yang menggunakan nama asli, nama sebuah kota, dan nama unik yang mengundang rasa penasaran pengunjung.

Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki alamat situs TLD juga, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan domain, fungsi, ekstensi populer, dan juga situs domain generator yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cek domain sebelum benar-benar membelinya.

Pengertian Domain


Pengertian Domain

Secara sederhana, domain adalah suatu nama unik yang menjadi alamat dari sebuah situs agar bisa diakses dan diingat dengan mudah oleh pengguna internet. Domain merupakan salah satu aspek penting yang harus Anda miliki ketika memutuskan untuk membangun sebuah situs ataupun blog.

Fungsi Domain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi domain adalah sebagai alat yang mempermudah user atau pengguna untuk mengakses sebuah situs. Jadi, pengguna tidak perlu repot menghafal deretan angka internet protocol (IP) address yang cukup menyulitkan.

Karena pada dasarnya, URL web itu berupa angka IP versi 4, seperti alamat 104.18.41.48 yang merupakan alamat dari blog ini: www.kotasalatiga.com.

Anda akan lebih mudah mengakses dan mengingat situs ini dengan mengetikkan : www.kotasalatiga.com daripada alamat IP-nya, bukan? Apalagi ada banyak situs di dunia ini, tentu akan membuang waktu jika Anda harus mencatat setiap IP saat ingin mengakses suatu website.

Berbagai Pilihan Ekstensi Domain Populer

Alamat IP atau IP address sebenarnya terdiri dari 3 struktur, ada top level domain (TLD), kemudian second level domain (SLD), dan third level domain (3LD) atau lebih dikenal dengan sebutan sub domain. Nah, ekstensi domain berada di bagian paling belakang, yang mana disebut sebagai TLD.

Sederhananya seperti ini, pada alamat www.kotasalatiga.com, bagian nama “kotasalatiga” merupakan SLD, dan .com adalah TLD-nya.

Hingga saat ini, ada banyak pilihan ekstensi domain popular yang biasanya digunakan oleh para blogger maupun perusahaan atau brand untuk keperluan komersial, yaitu: .com, .net, .id, .info, .my.id, .web.id, .biz, .org, dan .xyz.

Hingga saat ini, ekstensi yang paling banyak digandrungi tetap dikuasai oleh .com (commercial) karena bisa digunakan secara umum atau untuk keperluan komersial di berbagai negara. Harganya pun tergolong menengah, dalam artian cukup terjangkau untuk berlangganan selama satu tahun.

Selain itu, beberapa penyedia layanan beli domain dan hosting pun tak segan mengadakan promo untuk pembelian domain dengan berbagai ekstensi, terutama .com.

Situs Domain Generator

Dengan adanya promo domain sering menghampiri, Anda mungkin akan bimbang untuk menentukan domain yang diinginkan. Namun Anda jangan khawatir, karena saat ini sudah tersedia berbagai website domain generator yang akan membantu Anda dalam memilih nama yang sesuai.

Di bawah ini tersedia beberapa situs cek domain yang bisa Anda coba gratis sekarang juga!

1. Lean Domain Search


Lean Domain Search – Search for and register available domain names in seconds.

Jika Anda sedang mencari nama domain berekstensi .com, cobalah mengakses situs yang satu ini. Di sini, Anda bisa mendapatkan nama alternatif domain hingga ribuan berdasarkan kata kunci yang diinginkan.

Misalnya, Anda menyukai kata kunci “cinta,” Lean Domain Search akan menampilkan seluruh rekomendasi terkait kata tersebut, seperti : onecinta, cintaworld, cintanews, dan lain sebagainya yang bisa Anda pilih dan memilikinya dari tempat beli domain terbaik.

2. Bust Name


Bust Name Our free tool lets you enter words and it will try every combination and tell you which are available.

Bust Name akan membantu Anda dalam mendapatkan domain yang diinginkan sesuai kata-kata yang Anda masukkan. Anda pun bisa mencarinya berdasarkan ekstensi yang cukup banyak, seperti .com, .net, .org, .info, dan .biz.

Contohnya, Anda menyukai kata “makan, tidur, suka,” Bust Name akan memberikan beberapa rekomendasi seperti makantidur.net, tidurmakan.com, dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan cek domain gratis pada situs ini.

3. Domain Puzzler


domain,name,.com .net ,.biz,.se,.com business,.com help,name,search,pagerank,generator,name generator,suggest name,domain help,domain search help,compare page rank,homepage,webpage,.se,.com,.net,.org,.nu,.es,.co.uk,.mobi

Pada situs yang satu ini Anda tak hanya mendapatkan banyak rekomendasi domain berdasarkan keywords yang disukai ataupun pilihan ekstensi yang banyak saja. Setiap rekomendasi yang ditunjukkan akan diberikan keterangan available atau tidaknya domain yang disarankan.

Misalnya, saat Anda memasukkan kata kunci “senja, pagi, dan kopi” Domain Puzzler akan merekomendasikan kopipagi.net dengan status available atau tersedia, yang mana bisa Anda beli dan juga perpanjang domain setahun kemudian. Sementara kopi.com ditampilkan not available.

4. Name Boy


Nameboy is the most popular domain name generator. Use our AI-powered domain name generator & search to find the best business domain name ideas instantly!

Situs domain generator yang satu ini sudah cukup lama hadir di internet, Anda bisa memasukkan dua kata kunci yang dikehendaki, maka Name Boy akan memberikan banyak rekomendasi yang menarik disertai pilihan ekstensi yang beragam. Selain itu, tersedia keterangan buy untuk domain yang bisa dibeli, dan whois pada domain yang sudah memiliki pemilik.

Bagaimana, sudahkah Anda menemukan nama yang cocok untuk domain Anda serta memilih penyedia layanan domainnya? Jika Anda sudah membelinya namun kemudian merasa kurang nyaman dengan penyedia domain tersebut, Anda bisa memindahkannya ke tempat lain saat umur domain sudah 60 hari dan satu bulan sebelum masa perpanjangan atau expired dengan cara transfer domain.

Posting Komentar untuk "Bahas Tuntas Domain dan Jenis Ekstensi Populer"