Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Obat-obatan yang Wajib di Rumah Anda

Obat wajib apotek alias OWA adalah obat-obatan yang wajib Anda sediakan di rumah. Para ahli farmasi biasanya sudah sangat familiar dengan istilah tersebut, Anda juga bisa mendapat info lengkap terkait farmasi di https://pafiende.org/.

Kotak P3K setidaknya harus tersedia sebagai upaya pertolongan pertama di rumah. Kita tidak pernah tahu, kapan anak-anak atau kita sendiri yang sakit maupun terluka. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengetahui daftar obat wajib apotek untuk mengisi kotak P3K Anda.

Daftar Obat-obatan Wajib Apotek di Rumah

Daftar Obat-obatan Wajib Apotek di Rumah

Berikut ini ada jenis-jenis obat dan kegunaannya yang wajib tersedia di rumah Anda sebagai langkah pertolongan pertama saat sakit, antara lain :

Obat Anti Diare

Kondisi atau masalah diare adalah salah satu kondisi penyakit yang kerap dialami masyarakat akibat infeksi virus, intoleransi makanan hingga keracunan makanan.

Masalah ini biasanya membuat penderitanya harus keluar masuk toilet dan tentu saja membuat aktivitas sangat terganggu. Ada nama-nama obat di apotek sebagai antidiare, antara lain bismuth subsalisilat, diphenoxylate dan loperamide.

Obat Penurun Demam

Sebagai rekomendasi dari https://pafiende.org/ obat yang wajib ada di rumah lainnya adalah penurun demam atau obat untuk pereda nyeri. Hal ini lantaran, jenis obat-obatan ini sangat membantu berbagai masalah kesehatan.

Biasanya obat penurun demam atau pereda nyeri berfungsi untuk menurunkan demam, mengatasi nyeri dan juga meredakan sakit yang ringan. Merk obat penurun demam ini biasanya berupa ibuprofen, acetaminophen, dan aspirin.

Antasida

Bagi penderita maag, antasida adalah jenis obat yang paling familiar dan wajib ada di rumah. Ada banyak nama obat tablet kunyah maupun cairan antasida yang bisa dikonsumsi.

Obat antasida sendiri memiliki kegunaan dapat menetralkan kelebihan asam lambung. Oleh sebab itu, jangan lewatkan antasida ke dalam kotak P3K Anda!

Obat Batuk

Selain demam, batuk juga kerap muncul sebagai gangguan masalah kesehatan saat musim penghujan atau pancaroba. Ketika batuk melanda, tentu saja Anda harus sudah menyediakan obat batuk ke dalam kotak P3K.

Pereda batuk ini bisa dalam bentuk obat dekstrometorfan yang bisa menyelamatkan Anda dari rasa tidak nyaman saat batuk terus menerus, terutama di malam hari. Sementara, ekspektoran berupa guaifenesin sangat efektif untuk batuk berdahak.

Suplemen atau Vitamin

Tambahan suplemen juga sangat penting untuk melengkapi nutrisi atau gizi dalam tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen terbaik untuk Anda siapkan agar dikonsumsi oleh keluarga agar daya tahan tubuh meningkat.

Dengan melengkapi obat-obatan wajib di rumah Anda, dapat menghindari diri dan keluarga dari masalah gangguan kesehatan ringan. Selain itu juga, sebagai langkah pertolongan pertama ketika sakit.