Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Praktis Mengobati Mata Belekan pada Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir sering mengalami belekan. Jangan khawatir, temukan solusi mengobati belekan pada bayi di https://pafikedirikota.org/ dengan tips praktis yang mudah dilakukan.

Untuk mengatasi belekan pada bayi baru lahir, bisa dilakukan dengan cara medis dan cara alami. Kunjungi laman Pafi Kota Kediri untuk mendapatkan tips praktis, mudah dan aman.

7 Tips Praktis Mengobati Mata Belekan Dari Pafi Kota Kediri

Tips Praktis Mengobati Mata Belekan pada Bayi Baru Lahir

Belekan adalah kondisi dimana terdapat kotoran pada mata yang berwarna kuning dan lengket, kadang-kadang keras atau bahkan berair seperti air mata. Belekan umumnya ditemukan di sudut mata dan mengakibatkan bulu mata saling menempel.

Belekan dapat disebabkan oleh penyakit mata, yakni alergi, blefaritis, konjungtivitis, maupun mata kering. Belekan bisa terjadi pada bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Belekan pada bayi sering membuat khawatir, karena bayi tidak bisa diberi obat secara sembarangan.

Bagaimana cara mengatasi mata bayi belekan? Simak tips berikut ini!

1. Kantong teh

Cara mengobati mata belekan pada bayi bisa menggunakan kantong teh. Beberapa jenis teh mempunyai sifat anti radang dan juga bermanfaat untuk menyejukkan mata, yaitu teh hitam, teh hijau dan teh kamomil (chamomile). Caranya, kompreskan kantong teh dingin pada mata dalam posisi berbaring.

Teh mengandung zat efektif untuk mengatasi infeksi mata serta mengurangi pembengkakan. Selain itu teh kantong teh merupakan solusi mengobati mata belekan. Selain menyembuhkan belekan, kantong teh juga membuat mata menjadi lebih rileks dan mengatasi mata lelah.

2. Mentimun

Mentimun yang biasanya untuk lalap ternyata bermanfaat untuk mengatasi mata bayi belekan. Caranya, taruh irisan mentimun pada kelopak mata selama 15 menit. Efek kandungan antioksidan pada mentimun dapat membantu mengurangi peradangan pada mata belekan dan serta mengurangi bengkak.

3. Air Mawar

Untuk mengatasi mata bayi baru lahir belekan juga bisa menggunakan air mawar. Air mawar bersifat anti infeksi dan anti radang sehingga dapat mengatasi beberapa masalah mata, antara lain mata kering dan konjungtivitis yang menjadi penyebab mata belekan. Caranya, gunakan air mawar untuk membersihkan mata pada pagi atau malam hari.

4. Kloramfenikol

Kloramfenikol merupakan obat golongan antibiotik untuk menyembuhkan belekan. Obat ini dapat mengatasi mata belekan yang disebabkan infeksi bakteri, misalnya konjungtivitis. Obat sakit mata belekan ini tersedia dalam bentuk salep dan hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep dokter.

Apakah kloramfenikol dapat digunakan untuk mata anak 2 tahun belekan tapi tidak merah? Sebaiknya Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang paling tepat.

5. Asam fusidat

Asam fusidat atau disebut natrium fusidat juga merupakan golongan obat antibiotik. Obat ini tersedia dalam bentuk salep. Umumnya digunakan 3–4 kali sehari, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Konsultasikan terlebih dahulu untuk penggunaan pada bayi.

6. Siklosporin

Cara mengobati belekan berikutnya adalah menggunakan siklosporin. Siklosporin merupakan obat tetes mata yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi air mata pada mata yang mengalami alergi pada mata. Obat tetes mata ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

7. Kompres Hangat

Kunjungi https://pafikedirikota.org/ untuk mendapatkan tips mengatasi pada bayi baru lahir. Salah satu cara praktis dan aman adalah menggunakan kompres hangat. Kompres hangat bermanfaat untuk mengurangi radang kelopak mata dan mata belekan, juga untuk meredakan gejala mata kering.

Demikian beberapa tips praktis untuk mengobati mata belekan pada bayi baru lahir. Anda bisa mengunjungi laman Pafi Kota Kediri untuk berbagai tips lainnya.