Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Buah untuk Bayi yang Mudah Dicerna

Bayi Anda sudah semakin menggemaskan dan butuh makanan pendamping. Buah-buahan bisa dijadikan rekomendasi makanan pendamping yang tepat untuk si kecil. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan protein yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Cara yang paling tepat untuk mengenalkan buah pada si kecil adalah membiarkan si kecil makan sendiri. belepotan memang, tapi itu bisa melatih otot motorik anak agar bebas bergerak. Kalau mau lebih aman ya disuapin bundanya.

Agar tidak belepotan, ada banyak pilihan celemek bayi untuk si kecil makan yang bentuknya lucu-lucu. Tepat sekali menjadi teman setia si kecil belajar makan buah.

Rekomendasi Buah untuk Bayi

Rekomendasi Buah untuk Bayi

Bayi yang sudah bisa diberikan buah sebagai makanan pendamping MPASI adalah bayi yang berusia 6 bulan ke atas. Pada usia ini bayi biasanya sudah bisa duduk dengan bantuan orang lain karena bayi sudah bisa mengontrol leher dan kepalanya secara stabil.

Bayi juga sudah punya keinginan untuk menguyah dan menolak minum ASI. Sebagai penunjang kebutuhan tumbuh kembangnya, tak ada salahnya bunda memberikan buah-buahan yang mudah dicerna sebagai pendamping MPASI.

Hal ini dikarenakan buah memiliki tekstur yang ringan dan bisa menjadi bahan pengenalan si kecil pada makanan. Buah-buahan yang direkomendasikan diantaranya :

1. Pisang

Pisang menjadi buah yang paling banyak direkomandasikan untuk pendamping MPASI bayi. Hal ini dikarenakan pisang memiliki tekstur yang padat, namun lembut dan mudah dicerna bayi.

Kandungan karbohidratnya tinggi, sehingga bisa membuat bayi kenyang. Selain itu pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuhya, sehingga tak mudah sakit.

2. Mangga

Buah Mangga punya kandungan vitamin C, A dan B yang tinggi. Selain itu ada beragam mineral di dalamnya yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Pilihlah buah mangga yang sudah matang, karena rasanya lebih manis dan lembut. Kalau dibuat jus, usahakan tidak ditambahin gula. Agar anak bisa merasakan manis asli dari buah mangga.

3. Alpukat

Buah Alpukat juga memiliki daging yang banyak dan lembut seperti pisang. Rasanya gurih dan manis pastinya disukai anak-anak.

Kandungan asam lemak di dalamnya bagus untuk pertumbuhan otak maupun kognitifnya loh. Sehingga bisa dikatakan Alpukat sebagai buah pendamping terbaik. Karena asal lemak yang ada di dalam Alpukat hampir sama dengan asam lemak yang ada di ASI.

4. Pepaya

Buah papaya memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi. Tektusnya agak kasar, sehingga bisa menjadi buah pendamping yang tepat bagi bayi yang ingin belajar mengenali tekstur makanan.

Meskipun agak kasar, namun papaya bisa dilumatkan dengan sendok dan diberikan langsung kepada bayi. Kandungan serat yang ada di dalamnya bagus untuk melancarkan pencernaan anak.

5. Buah Naga

Buah naga mengandung vitamin C, vitamin E, beragam mineral, zat besi dan juga magnesium. Rasanya juga manis yang pastinya disukai anak-anak.

Kandungan zat besi pada buah naga bisa mencegah anak terhindar dari anemia atau kekurangan darah. Makanya kebutuhan zat besi anak bisa didapatkan dengan memberinya buah naga.

6. Apel

Apel bisa diolah menjadi beragam makaman, seperti jus, puree atau finger food. Rasanya yang manis alami, disukai anak-anak.

Selain rasanya yang manis dan enak, kandungan nutrisi di dalamnya juga bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak, seperti serat, vitamin C, vitamin B6 dan juga antioksidan.

7. Pir

Bentuk buah pir mirip dengan buah apel. Namun kandungan air di dalamnya lebih banyak, sehingga cocok dijadikan pendamping MPASI bayi yang tepat karena mudah dicerna.

Kandungan serat di dalamnya bagus untuk memperlancar pencernaan bayi dan menunjang tumbuh kembang bayi. Buah pir bisa dijadikan jus atau dilumatkan agar bayi mudah mencernanya.

8. Kiwi

Buah kiwi bisa menjadi alternative buah pendamping MPASI yang tepat untuk bayi. Rasanya yang sedikit asam mungkin membuat bayi sedikit kaget. Namun hal ini bisa diakali dengan memberikan buah kiwi yang sudah matang dan memiliki rasa yang lebih manis.

Buah kiwi mengandung vitamin C yang banyak. Gunanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, memperkuat fungsi organ, mendukung pertumbuhan sel serta membantu tubuh dalam penyerapan zat besi dengan lebih baik. Buah kiwi bisa diberikan dalam bentuk jus atau dipotong-potong.

9. Melon

Buah melon paling pas dibuat menjadi jus atau puree. Anak-anak menyukai rasanya yang manis dan punya kandungan air yang banyak membuat anak-anak mudah mencernanya. Kandungan gizi di dalamnya juga baik untuk tumbuh kembang anak loh. Termasuk memperlancar pencernaan.

10. Kelapa

Buah kepala memiliki air kelapa yang bisa diberikan kepada bayi sebagai pendamping MPASI. Manfaatnya baik untuk memperbagus kulit bayi dan membuatnya sehat dan bercahaya. Selain itu, air kelapa juga bagus untuk pertumbuhan bayi.

Kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu protein, zat besi, karbohidrat, vitamin B3, B5, B6, vitamin C, fosfor, kalsium, natrium serta magnesium.

Bayi tentu belum bisa makan dengan benar dan rapi di usianya yang baru 6 bulan. Makan belepotan adalah hal yang lumrah. Biarkan saja bunda, karena hal tersebut dapat membantu anak untuk mengeksplor diri dengan mengenal tekstur makan dan cara makan.

Untuk mendukung eksplorasi anak, sediakan celemek bayi yang bisa mellindungi baju bayi dari kotoran akibat buah yang belepotan kemana-mana. Pilihan celemek bayi untuk si kecil makan usahakan dari bahan yang lembut dan mudah dibersihkan.

www.mothercare.co.id adalah situs online yang menjualbelikan berbagai pilihan celemk bayi untuk si kecil makan. Macamnya banyak dan beragam. Bahan yang digunakan kebanyakan dari bahan katun yang lembut dan mudah dibersihkan.

Motif celemek bayi juga lucu-lucu, sesuai dengan dunia si kecil yang penuh warna dan lembut. Untuk menemani anak makan, percayakan pilihan celemek bayi untuk si kecil makan hanya pada www.mothercare.co.id. Tempat belanja kebutuhan bayi yang lengkap dan harga bersahabat.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Buah untuk Bayi yang Mudah Dicerna"