Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Ambil Cicilan HP? Simak 5 Tips Berikut Supaya Anda Tak Menyesal!

Apa Anda berminat mengambil cicilan HP tanpa repot pinjam uang ke bank? Tunggu dulu, sebelum mengajukan cicilan, Anda harus memperhatikan sejumlah hal penting, terutama prosedur yang diberlakukan penyedia layanan. Jadi Anda bisa langsung mendapatkan smartphone dan tak bakal merugi selama melunasi tagihan.

Waspada saat hendak mengambil cicilan smartphone

Mau Ambil Cicilan HP? Simak 5 Tips Berikut Supaya Anda Tak Menyesal!

Kemudahan bertransaksi secara kredit tak dipungkiri membuat orang-orang tak kesulitan buat membeli produk. Termasuk di antaranya perangkat elektronik seperti smartphone. Dulu, kalau mau bayar dengan cicilan, Anda harus punya kartu kredit. Sekarang, bermodalkan platform kredit, Anda dapat mengajukan cicilan dengan cepat.

Lalu, apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum ambil cicilan smartphone? Cek informasi lengkapnya berikut ini!

1. Pastikan dulu kemampuan finansial Anda

Meski jumlah pengeluaran per bulan tak akan besar, Anda perlu memastikan cicilan yang diambil sesuai kemampuan finansial. Biasanya, pos pengeluaran untuk kredit tak boleh melebihi dari 30% total gaji bulanan yang diterima. Jika sudah mendapatkan nominalnya, Anda akan lebih mudah memilih smartphone sampai jumlah cicilan bulanannya.

Antisipasi juga tambahan seperti biaya administrasi dan potongan bunga. Sebaiknya Anda juga sedang tidak mengambil pinjaman saat hendak mengajukan kredit baru. Kecuali mampu membayar tagihan, lunasi saja dulu cicilan yang masih berjalan.

2. Cari smartphone dengan bandingkan harga

Salah satu kesalahan yang masih dilakukan orang-orang saat beli smartphone kredit adalah mengambil produk yang mahal. Alasannya karena mereka tak harus mengeluarkan uang besar di waktu yang sama. Namun, tengok lagi besaran cicilan yang dikenakan. Apa jumlahnya sesuai penghasilan? Apa Anda mampu melunasinya tepat waktu?

Oleh karena itu, carilah smartphone dengan membandingkan harga sesuai kemampuan Anda. Sekarang banyak merek yang memproduksi perangkat low end dengan spesifikasi mumpuni. Jadi Anda tak perlu ambil cicilan besar demi beli smartphone mahal.

3. Manfaatkan promo yang ditawarkan

Bagi Anda yang berencana membeli smartphone melalui marketplace, manfaatkan promo yang ditawarkan untuk meringankan cicilan HP. Biasanya, promo-promo tadi muncul menjelang hari-hari perayaan seperti Hari Kemerdekaan, Natal, Tahun Baru, atau Idulfitri. Namun, ada juga yang muncul dadakan, sehingga Anda perlu rajin mengecek update dari marketplace.

Di sisi lain, perhatikan juga syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Promo biasanya berlaku saat Anda melakukan pembelian produk atau pada harga tertentu. Kalau sesuai dengan yang Anda cari, silakan teruskan sampai tahap pembayaran.

4. Selalu tepat bayar cicilan atau kredit

Salah satu alasan Anda perlu menyesuaikan nominal cicilan dengan kemampuan finansial adalah mencegah keterlambatan pembayaran cicilan. Pasalnya kalau sampai telat, lalu terjadi berkelanjutan, Anda bakal dikenakan denda. Tak menutup kemungkinan smartphone kembali ditarik saat cicilan tak kunjung dilunasi selama berbulan-bulan.

Kalau Anda memang sibuk, gunakan fitur auto debit yang ditawarkan perbankan. Dengan begitu, saldo akan otomatis terpotong sesuai tanggal pembayaran yang disepakati. Sementara Anda tetap tenang memakai smartphone.

5. Platform kredit berasal dari pihak tepercaya

Tidak mau kena kasus penipuan yang merugikan secara finansial? Maka dalam tips terakhir, Anda fokuskan perhatian pada reputasi aplikasi atau platform kredit yang dipilih. Pilih penyedia layanan yang terdaftar resmi di OJK, transparan dalam transaksi, dan mudah dihubungi. Akan lebih baik lagi kalau platform tersebut sudah menyediakan layanan di marketplace.

Traveloka Paylater dalam hal ini dapat menjadi pilihan tepat. Pasalnya, mereka memudahkan pengguna dari pendaftaran, ketersediaan limit awal sampai Rp10 juta, pembayaran mudah, dan menerima penggunaan limit di luar aplikasi. Satu lagi, skor kredit Anda dijamin akan terjaga baik!

Bagi Anda yang belum pernah mengambil cicilan, penjelasan ini barangkali terkesn merepotkan. Namun, mencegah lebih baik dibandingkan menyesal di akhir. Persiapan yang matang di awal pun membuat Anda tak salah membeli smartphone maupun layanan untuk memudahkan pembayaran secara kredit.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, Anda tidak ragu untuk mengambil cicilan HP yang selama ini diidamkan. Jadi, kegiatan sehari-hari hingga bisnis yang menggantungkan smartphone bakal berjalan lebih lancar serta sesuai ekspektasi yang sudah ditargetkan.