Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Bisnis dari Rumah Paling Cuan di 2024

Menjalankan bisnis memang membutuhkan tekad yang besar, selain niat dan modal dibutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai kebutuhan bisnis. Mulai dari ide bisnis, media komunikasi dan promosi hingga alat penunjang kinerja bisnis. 

Butuh persiapan yang matang untuk dapat meraih keuntungan sejak tahun pertama bisnis dimulai. Bisnis dapat dimulai dengan sesederhana mempersiapkan media komunikasi melalui CRM Whatsapp sebagai media untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek.

Membangun Bisnis dari Rumah, Bagaimana Caranya?

Rencanakan bisnis dengan mind mapping

Mind mapping merupakan sebuah metode untuk menyusun gagasan dalam bentuk pemetaan. Hal ini dilakukan agar ide yang muncul dapat terstruktur dan menjadi lebih mudah dipahami. Dalam bisnis, mind mapping dapat digunakan untuk memetakan keseluruhan perencanaan bisnis seperti tujuan bisnis, strategi pemasaran, analisa dan evaluasi dan lain sebagainya.

Dalam penggunaannya, mind map dapat dijadikan panduan dalam merencanakan strategi bisnis. Misalnya, menuliskan tujuan bisnis sebagai poin utama, kemudian diikuti dengan ide, dan konsep bisnis. Informasi mengenai perencanaan ini juga dapat ditambah dengan detail-detail informasi yang mendukung gagasan tersebut.

Petimbangkan teknologi untuk kinerja yang lebih efisien

Setelah memahami tujuan, ide, serta konsep dari bisnis yang akan dilakukan, penggunaan teknologi juga perlu dipertimbangkan. Karena bisnis dari rumah dapat dikategorikan sebagai bisnis dengan skala kecil, kemungkinan sumber daya manusia yang dikerahkan juga jadi lebih sedikit.

Namun, ketika beban kerja semakin banyak menambah anggota tim juga akan sedikit membebani pengeluaran. Dengan demikian, menggunakan teknologi seperti aplikasi CRM dapat meringankan kinerja bisnis terutama dalam skala kecil.

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis perlu menggunakan aplikasi CRM:
  • Aplikasi CRM cocok diterapkan untuk berbagai ide bisnis.
  • Integrasi whatsapp memudahkan bisnis untuk mengelola prospek.
  • Komunikasi dan hubungan bisnis dengan pelanggan dapat terjaga dengan baik.
Integrasi whatsapp dengan CRM juga bukan hanya sekedar mengubah komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih mudah. Namun juga memungkinkan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, memantau interaksi pelanggan, serta otomatisasi proses bisnis.

Untuk menambah inspirasi anda, berikut lima ide bisnis menguntungkan yang dapat dilakukan dari rumah.

5 Ide Bisnis dari Rumah dengan Keuntungan yang Menggiurkan

Ide Bisnis dari Rumah dengan Keuntungan yang Menggiurkan

1. Penjualan barang bekas

Bila memikirkan tentang barang bekas mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah barang yang tidak layak pakai. Namun, tanpa kita sadari penjualan barang bekas ini mampu memiliki nilai jual bila diseleksi dengan baik. Meski nilainya berbeda dengan barang baru, menjual barang bekas layak pakai seperti baju, sepatu, hingga elektronik tidak ditentukan oleh musim. Sehingga bisnis ini dapat berjalan kapanpun.

2. Pengelola media sosial

Dengan kegiatan yang serba digital, masyarakat menjadi lebih senang bersosialisasi dan saling bertegur sapa melalui media sosial. Begitupun kegiatan pemasaran, kini pergerakan kampanye promosi sudah merambah ke media sosial. Dalam hal ini, beberapa bisnis kecil lainnya mungkin memiliki kemampuan yang kurang dalam analisa media sosial tertentu.

Dengan demikian, bisnis ini cocok sebagai bisnis B2B yang menawarkan pengelolaan media sosial. Dalam bisnis ini, anda dapat menawarkan layanan seperti jasa analisa matriks, pemantauan target audiens, maupun menyusun strategi jadwal pengunggahan konten. Karena dapat dilakukan melalui online, bisnis ini cocok untuk dilakukan dari rumah.

3. Jasa pemotretan produk online

Meski jasa pemotretan seringkali dilakukan secara offline atau harus datang ke studio, kini pemotretan produk dapat juga dilakukan secara online. Bisnis B2B ini dapat dilakukan dengan menawarkan jasa untuk memotret produk dari bisnis lain. Untuk memudahkan pengiriman file yang aman, anda dapat menggunakan aplikasi CRM agar penyaluran produk jasa bisa menjadi lebih efektif.

4. Penyedia konten media sosial

Masih dengan alasan bahwa pemasaran digital semakin marak, bahkan mungkin akan terus berkembang, menyediakan konten media sosial kepada perusahaan besar akan semakin menguntungkan tahun ini. 

Berbeda dengan pengelola media sosial, bisnis ini dapat dilakukan dengan menawarkan jasa pembuatan konten berupa artikel, infografis, foto karosel atau video promosi untuk kebutuhan pemasaran pada bisnis lain dengan bermodalkan kemampuan editing foto atau video, serta copywriting, anda dapat melakukan bisnis ini dari rumah.

5. Penyedia layanan SEO

Perkembangan pemasaran digital yang luas, juga membuka peluang bisnis optimasi website bisnis menggunakan SEO (search engine optimization). 

Bisnis digital ini tergolong memiliki modal yang tidak banyak dan dapat dilakukan dari rumah. Namun, pekerjaan ini membutuhkan kemampuan analisa tinggi serta menguasai aplikasi SEO seperti ahrefs, atau semrush.

Dalam pelaksanaannya, anda dapat menawarkan jasa untuk menjadikan sebuah website menjadi nomor satu dalam mesin pencari. Selain itu, anda juga dapat memulai bisnis ini dengan hal yang sederhana seperti menganalisa situs web bisnis, mengidentifikasi permasalahan peringkat pada web, serta menyusun strategi untuk meningkatkan traffic dan SERP.

Dalam era yang terus berkembang dan di tengah transformasi dunia kerja yang semakin fleksibel, mencari peluang bisnis yang dapat dijalankan dari rumah menjadi pilihan menarik bagi banyak individu. Dari setiap ide bisnis tersebut menawarkan potensi pendapatan yang menarik dengan investasi modal yang relatif rendah.

Dengan memanfaatkan penggunaan teknologi yang semakin canggih dan kebutuhan pasar yang terus berkembang, wirausaha rumahan memiliki kesempatan besar untuk meraih kesuksesan finansial. Bagi para pengusaha yang siap mengambil tantangan, memilih momentum yang tepat adalah dengan memulai dan mengambil langkah.