Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Vitamin D yang Harus Kamu Tahu

KotaSalatiga.com - Kamu pasti pernah mendengar tentang vitamin D, bukan? Jenis vitamin yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tulang dan otot. Namun ternyata bukan hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan otot dalam tubuh, sebab banyak juga manfat lainnya.

Manfaat Vitamin D yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Vitamin D yang Harus Kamu Tahu

Berikut adalah manfaat vitamin D yang harus kamu tahu:

1. Bermanfaat dalam mendukung kesehatan tulang

Apabila tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, maka akan mempermudah proses penyerapan berbagai mineral seperti magnesium, fosfor dan kalsium dengan lebih baik. 

Akhirnya bisa membantu tubuh kamu terhindar dari berbagai risiko penyakit tulang yang merepotkan. Contonya osteoporosis dan juga osteomalacia, lho. Bahkan dengan adanya vitamin D dalam kadar yang cukup di dalam tubuh, bisa meningkatkan kekuatan otot juga.

2. Membantu dalam penurunan berat badan

Untuk kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan sehat, maka bisa mengonsumsi vitamin ini. 

Ternyata vitamin yang satu ini terkenal sebagai vitamin yang bisa mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk membantu proses penurunan berat badan kamu. 

Tetapi pastikan kamu mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur, setidaknya setengah jam hingga satu jam dalam satu hari.

3. Menghindarkan risiko diabetes terjadi

Bukan hanya manfaat yang sudah disebutkan di atas saja, sebab vitamin D ini juga memiliki manfaat yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin, juga bisa meningkatkan fungsi sel beta, yang mana semuanya berfungsi untuk mengelola diabetes dengan baik. 

Karena itu, jika kamu memiliki gen diabates dari orangtua, baiknya hati-hati dan lebih banyak mengonsumsi vitamin D untuk menghindarkan risiko tersebut.

4. Untuk membantu mengurangi risiko terjadinya kanker

Dengan kadar vitamin D yang cukup setiap hari, maka tubuh Kamu akan mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker lho. Juga bisa tingkatkan disparitas sel dalam tubuh. 

Sebab jika kadar vitamin D di dalam tubuh kamu rendah, maka risiko kanker bisa meningkat dan utamanya kanker usus besar yang bisa terjadi. Jangan sampai terlambat, cukupi kebutuhan vitamin D kamu sekarang juga.

5. Memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung yang mengancam jiwa

Bila kamu khawatir dengan berbagai risiko penyakit jantung, misalnya tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung, dan lainnya, maka baiknya cukupi kebutuhan vitamin ini, ya. 

Sebab kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh itu bisa meningkatkan terjadinya risiko penyakit jantung yang berbahaya.

6. Bisa membantu dalam menurunkan depresi

Ketika kamu mengonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin D secara teratur, maka kamu bisa turunkan risiko depresi dan hidup dengan lebih sehat serta bahagia.

7. Melindungi saluran pernapasan dari infeksi

Penyakit autoimun bisa menyerang lebih cepat pada orang yang kekurangan vitamin D, contohnya penyakit diabetes tipe 1 penyakit tiroid, multiple sclerosis juga rheumatoid arthritis.

8. Mampu membantu dalam menurunkan gangguan kognitif

Ternyata jika kamu mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin D, maka kamu bisa menghindari penyakit karena gangguan kognitif, misalnya demensia, parkinson dan alzheimer.

9. Bisa menurunkan risiko degenerasi makula

Yang dimaksudkan dengan degenerasi makula (terkait usia) adalah sebuah kondisi di mana penglhatan jadi kabut karena makula, yaitu sebagian kecil dari retina yang melemah. Tetapi dengan konsumsi vitamin D, maka bisa menurunkan risiko penyakit tersebut.

Supaya bisa mendapatkan semua manfaat vitamin D tersebut, baiknya kamu mengonsumsi berbagai makanan yang diketahui mengandung banyak vitamin ini. Misalnya adalah susu dan berbagai olahannya yang gurih, aneka sayur dan buah, juga ada dalam ikan salmon, tongkol dan juga ikan tuna.

Namun jika kamu membutuhkan tambahan vitamin dan sudah mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter, maka bisa mengonsumsi suplemen kesehatan yang bisa didapatkan di apotek terdekat. Namun untuk mendapatkan suplemen vitamin D yang berkualitas tinggi dan mudah diserap oleh tubuh, maka bisa mendapatkannya di situs Pyfa Health.

Di sana kamu bisa menemukan banyak sekali produk kesehatan yang aman dan sudah jelas terdaftar di BPOM. Pyfa Health adalah situs resmi dari Pyridam Farma, perusahaan farmasi yang memproduksi berbagai produk kesehatan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Vitamin D yang Harus Kamu Tahu"