Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Gejala Penyakit Leukimia yang Perlu Anda Ketahui Sekarang Juga!

Penyakit leukemia adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Bagaimana tidak, penyakit ini sulit sembuhnya dan gejala penyakit leukemia pun sering kali terlambat disadari.

Sehingga, proses pengobatannya terlambat dan kanker sudah terlanjur menyebar luas di tubuh pasien. Belum lagi membicarakan mengenai biaya pengobatan yang mahal dan juga proses pengobatannya yang menyakitkan bagi pasien.

Inilah Gejala Penyakit Leukemia yang Patut Diwaspadai!

Gejala Penyakit Leukimia yang Perlu Anda Ketahui Sekarang Juga!

Sangat penting untuk mengetahui apa saja ciri penyakit leukemia yang ada pada seseorang. Karena hanya dengan begini proses pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin.

Hal itulah salah satu alasan mengapa penyakit leukemia sulit disembuhkan terlepas dari proses pengobatannya yang tidak mudah. Di bawah ini adalah informasi terkait gejala-gejala yang umumnya muncul pada pengidap penyakit leukemia.

Mengalami Demam dan Menggigil

Gejala pertama yang terjadi pada penderita leukemia adalah demam dan menggigil. Dilihat dari manapun, siapa yang akan menduga seseorang yang mengalami demam dan menggigil itu punya penyakit leukemia?

Yang jelas ini merupakan bukti nyata bahwa penyakit leukemia memiliki gejala yang cukup general. Sehingga tidak mengherankan apabila terjadi kasus diagnosis penyakit yang terlambat.

Adanya Benjolan di Leher

Leukemia disebabkan oleh jumlah sel darah putih yang tak terkontrol dalam darah. Sel yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan melindungi tubuh ini memperbanyak dirinya ketika ada ancaman. Sedangkan bila tidak, jumlahnya tidak mengalami perubahan yang pesat.

Karena banyaknya sel darah putih yang ada di darah, kelenjar limfa akan membengkak dan menjadi benjolan di kulit. Kelenjar ini tersebar di seluruh tubuh sehingga benjolan akibat pembengkakan kelenjar limfa ini bisa terjadi di mana saja.

Umumnya, daerah kelenjar limfa yang mengalami pembengkakan akibat sel darah putih adalah di ketiak, selangkangan, dan leher. Segera lakukan pemeriksaan bila mendapati benjolan di area-area tersebut untuk pendeteksian leukemia dini.

Rasa Tidak Nyaman di Perut

Seperti yang diketahui bahwa penyakit leukemia disebabkan oleh jumlah sel darah putih yang tak terkontrol. Rupanya hal ini tidak berakibat pada saluran limfa saja tetapi juga hati dan pembengkakan limfa.

Bagaimanapun juga muaranya akan ada di hati yang merupakan organ untuk menyaring racun dan memproduksi zat yang dibutuhkan proses pencernaan. Organ hati akan bekerja ekstra untuk menurunkan jumlah sel darah putih yang ada di dalam darah.

Saking banyaknya, sel-sel darah putih ini akan menumpuk di hati dan menyebabkan pembengkakan. Adanya pembengkakan pada hati dan limfa membuat perut penderita leukemia terasa tidak nyaman.

Menstruasi yang Lebih Berat atau Panjang

Satu-satunya gejala leukemia pada wanita yang paling menonjol adalah terganggunya siklus menstruasi. Wanita penderita kanker darah umumnya memiliki waktu mens yang lebih panjang dari wanita umumnya di rentang usia yang sama.

Tidak jarang pula siklus menstruasi tersebut menjadi lebih berat dari biasanya. Leukemia lebih sering diidap oleh pasien wanita yang menopause. Sehingga bila tanda ini muncul pada Anda yang pra-menopause atau bahkan belum sebaiknya cepat cek ke dokter.

Saat ini penyakit leukemia memang masih menjadi ancaman karena sering kali memakan korban. Kunjungi website https://pafimusibanyuasin.org/ untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan yang bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga.