Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Memilih Investasi Online Terpercaya dan Aman

Belakangan ini masyarakat Indonesia sudah mulai melek investasi, dan seiring dengan itu investasi online pun sudah mulai bergaung di tengah masyarakat. 

Walaupun produk investasi dengan basis online belum begitu populer, namun jika Anda sudah terbiasa menggunakan gawai berbagai perangkat mobile lainnya bisa mencoba.

Sepintas memang terlihat sangat sederhana, namun saat melakukan investasi secara online harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab tidak bisa dipungkiri, selalu ada oknum investor nakal dengan investasi bodongnya yang merugikan. 

Bahkan banyak pula P2P lending yang abal-abal, investor pemula menyetorkan dana mereka untuk project-project yang tidak nyata dan akhirnya rugi.

Tips Memilih Investasi Online

Tips Memilih Investasi Online

Bukan hanya harus mempelajari ilmunya, namun juga ketahui cara memilih P2P lending yang bisa membantu dalam investasi online untuk para pemula. Simak beberapa macam tipsnya di bawah ini:

1. Menawarkan Keuntungan yang Wajar

Jika Anda ingin memilih tempat berinvestasi yang aman, maka lihatlah jika ia menawarkan keuntungan yang masuk akal. Namun ketika Anda melihat tempat investasi online dengan janji bunga yang sangat tinggi, dalam jangka waktu yang sangat cepat, baiknya Anda pikir ulang untuk berinvestasi di sana.

Jika Anda berinvestasi di saham atau reksadana, surat utang, maka bunga yang wajar didapatkan biasanya mulai dari 10 – 20 persen saja per tahun. Jadi kurang lebih tiap bulannya ada di bawah 2% bunganya.

Oleh sebab itu, jika Anda melihat lembaga investasi yang menawarkan imbalan hasil tinggi dengan cepat, contoh menawarkan bunga sebanyak 5% dalam sebulan, maka baiknya Anda mundur saja. Sebab tidak ada yang bisa menghasilkan sebanyak itu dalam waktu begitu singkat.

2. Pastikan Lembaganya Legal

Jangan dulu langsung memutuskan memilih tempat investasi online, lebih dulu Anda harus memastikan jika perusahaannya sudah legal baik itu dari segi lembaganya, maupun berbagai produk yang ditawarkan pada calon investor.

Sebagai contoh, lembaga yang sudah legal memiliki badan hukum, juga sudah mendapatkan persetujuan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Itu juga berlaku bagi berbagai macam produk investasi yang mereka tawarkan. Di dalamnya akan ditulis keterangan tentang persetujuan OJK piun akan disertakan di dalam situs official perusahaan P2P lending tersebut.

Supaya lebih yakin, Anda bahkan bisa verifikasi langsung ke kantor OJK dan begitu pula saat menemukan indikasi lembaga investasi abal-abal, Anda bisa melaporkannya langsung ke OJK supaya lekas ditindak.

3. Pahami Produknya dan Skema Investasinya

Jika Anda memilih lembaga yang legal, maka mereka akan menawarkan berbagai produk investasi dan dijelaskan dengan rinci. Anda akan mendapatkan penjelasan yang mendetail mengenai produk investasi tersebut dan tidak mengambang, alias jelas sampai ke akarnya.

Penjelasannya seperti berapa besaran dana investasi, kemana aliran dananya sampai dengan berapa besar imbalan yang akan investor dapatkan kelak. 

Anda harus mencermati skema investasi yang mereka tawarkan. Umumnya lembaga abal-abal biasa gunakan skema Ponzi, dan skema inilah yang telah merugikan banyak korban di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Rekomendasi P2P Lending yang Aman untuk Pemula

Rekomendasi P2P Lending yang Aman untuk Pemula

Pernahkan Anda mendengar tentang Akseleran? Ini adalah salah satu peer-to-peer lending platform kenamaan di Indonesia. Menjadi perusahaan yang menghubungkan UKM dengan para investor. 

Jadi UKM yang sedang membutuhkan sejumlah pinjaman untuk mengembangkan usaha mereka, dipertemukan dengan para pemberi pinjaman yang akan memberikan dananya untuk mendanai UKM tersebut. Mereka dipertemukan di Akseleran.

Di sini ada akses permodalan yang ditawarkan kepada para pelaku usaha, dengan suku bunga yang kompetitif dan juga tenor pinjamannya juga fleksibel sekali. Bahkan model pembayaran dan penyertaan agunan juga dibuat sefleksibel mungkin. 

Di sini disediakan alternatif peluang untuk pemberian pinjaman bagi semua masyarakat Indonesia, supaya bisa dapatkan imbal hasil menarik serta worth it dengan berbagai risiko yang menyertainya.

Tak perlu khawatir, sebab Akseleran adalah P2P lending yang didirikan oleh para proifesional di bidang teknologi dan finansial. 

Visinya "Keuangan Inklusif Menjadi Realitas", harapannya mampu mendorong UKM berkembang pesat. Memberkan keuntungan bagi para pelaku usaha itu sendiri, dan juga bagi para pemberi pinjamannya.

Tunggu apa lagi? Investasikan dana Anda di Akseleran.com sekarang juga.

Posting Komentar untuk "3 Tips Memilih Investasi Online Terpercaya dan Aman"