Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek pekerjaan lulusan jurusan kesehatan masyarakat atau kesmas ada berbagai jenis. Jurusan kesmas yang berfokus pada mencegah dan mengobati penyakit masyarakat secara individu dan bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan lingkungan. 

Untuk mencari kerja selain kemampuan ilmu juga keterampilan komunikasi. Untuk melamar pekerjaan perlu mencari contoh surat lamaran kerja yang sesuai dengan lulusan kesmas.

Lulusan kesmas yang diharapkan menjadi garda pertama dalam menangani kesehatan masyarakat secara umum dididik memiliki kemampuan sebagai berikut:
  1. Sebagai leader/kepemimpinan
  2. Sanggup untuk bekerja dalam tim
  3. Bekerja dengan gesit dan tepat
  4. Berkomunikasi yang baik
  5. Mampu untuk melakukan analisis
  6. Manajerial
  7. Kemampuan dalam penelitian
Kemampuan sebagai lulusan kesmas memang disesuaikan dengan pekerjaan yang diharapkan terjun ke masyarakat secara langsung. Ketujuh kemampuan tersebut sebagai bekal untuk menjadi lulusan kesmas yang andal dan suka meneliti. Ditambah lagi untuk mencari pekerjaan carilah contoh surat lamaran kerja yang bagus.

Mata kuliah yang dipelajari mahasiswa kesmas untuk memiliki kemampuan di atas sebagai berikut:
  • Sanitasi Lingkungan
  • Pengelolaan Lingkungan Hidup
  • Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Dasar Ilmu Gizi
  • Pengantar Gizi Masyarakat
  • Etika dan Hukum Masyarakat
  • Kesehatan Reproduksi Masyarakat
  • Pencemaran Lingkungan
  • Komunikasi Kesehatan
Ilmu-ilmu yang dipelajari oleh kesmas lebih banyak tentang kesehatan masyarakat dan lingkungan yang didiami oleh masyarakat. Agar masyarakat sehat memerlukan lingkungan yang sehat pula.

10 Prospek Pekerjaan Bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat

10 Prospek Pekerjaan Bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat

1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Sebagai petugas K3 pekerjaan utamanya adalah membuat prosedur agar orang yang bekerja terhindar dari kecelakaan atau penyakit. Prosedur yang dibuat akan berbeda-beda menyesuaikan dari perusahaan apa yang ditempatkan.

2. Dosen

Untuk menjadi dosen harus melanjutkan kuliah minimal pascasarjana atau S2 terlebih dahulu. Jika ingin menjadi dosen maka harus bisa mengajar dengan baik dan benar. 

Selain itu sebagai dosen harus mampu membuat penelitian setiap tahunnya. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan penelitian di masyarakat untuk diambil tindakan lebih lanjut jika ada hal yang harus diperbaiki.

3. Pengusaha

Usaha yang bisa digeluti bisa sesuai dengan bidang kesmas maupun kemampuan lain yang dimiliki oleh lulusan kesmas. Jika sesuai dengan jurusan contohnya membuat suplemen kesehatan. Tentunya untuk memiliki usaha tersebut harus memiliki standar tertentu.

4. Bekerja di Rumah Sakit Swasta

Sebenarnya lulusan kesmas bisa bekerja di puskesmas atau rumah sakit negeri, namun gaji yang didapatkan sebagai honorer tidaklah banyak. Jika ingin prospek kedepannya menjadi PNS mungkin bisa sebagai pengabdian.

Bekerja di rumah sakit swasta yang sudah terkenal akan memberikan gaji yang lumayan. Carilah rumah sakit yang menerima lulusan kesmas dan memiliki reputasi bagus di masyarakat.

5. Sebagai PNS

Sebagai PNS bisa bekerja di rumah sakit, puskesmas, atau kedinasan bidang kesehatan. Gaji yang didapatkan lebih stabil, ada dana pensiun dan tambahan tunjangan gaji.

6. Epidemiologist

Epidemiologist merupakan pekerjaan yang menuntut seseorang memiliki kemampuan meneliti yang tinggi. Tugasnya adalah menganalisa penyakit yang timbul dalam wilayah tertentu dan mengecek pola kesehatan masyarakat. Ilmu yang dipelajari selain kesehatan adalah statistika, antropologi, maupun sosiologi.

7. Ahli Gizi

Menjadi ahli gizi bisa bekerja dengan membuka praktek sendiri, di rumah sakit, perhotelan atau bekerja di perusahan khusus food and beverage. Rata-rata gaji tiap tempat berbeda-beda. Bekerja di perusahaan multinasional biasanya lebih tinggi gajinya.

8. Biostatistician

Bagi yang suka meneliti dan diam di laboratorium cocok bekerja seabgai biostatistician.

9. Bekerja di Bidang Asuransi Kesehatan

Gaji di asuransi lumayan tinggi. Apalagi asuransi kesehatan memiliki banyak produk yang bisa diklaim. Mulai dari asuransi kecelakaan, BPJS, kesehatan khusus dan lainnya. Minat masyarakat untuk mengambil asuransi kesehatan cukup banyak.

10. Di Bidang Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan tidak hanya bagaimana kebersihan lingkungan secara alam saja. Melainkan menjaga lingkungan kerja yang tetap sehat dalam sebuah perusahaan maupun pekerjaan di lapangan.

Pekerjaan bidang kesehatan masyarakat banyak pilihannya. Tidak hanya berfokus di bidang kesehatan individu masyarakat namun bisa untuk lingkungan. Untuk mencari pekerjaan lulusan kesehatan masyarakat perlu persiapan sebagai berikut ini.

Persiapan Mencari Pekerjaan bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat
  1. Menjadi ahli di bidang kesmas
  2. Membuat CV yang baik dan benar
  3. Perhatikan contoh surat lamaran kerja yang lengkap
  4. Sering cari info lowongan kerja
  5. Jangan patah semangat
Sebagai lulusan jurusan kesehatan masyarakat tidak perlu khawatir karena bidang pekerjaan yang dibutuhkan sangat banyak. Kemampuan sebagai lulusan kesmas dibutuhkan di banyak bidang. 

Anda harus bisa membuat CV yang bagus dan mendapatkan contoh surat lamaran kerja yang benar. Karena CV mauapun surat lamaran kerja seabgai penilaian pertama oleh HRD.

Posting Komentar untuk "10 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat"