Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Kulkas Sesuai Kebutuhan Anda

Kulkas adalah tempat penyimpanan makanan atau bahan memasak yang sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh rumah tangga di dunia. Kulkas sangat tepat karena menjaga keawetan beberapa bahan yang tidak tahan lama di suhu ruangan.

5 Tips Mudah Memilih Kulkas

Tips Mudah Memilih Kulkas

Sayangnya, kulkas yang tersedia di pasaran sangat beragam jenis dan kualitasnya. Bila salah memilih kulkas, akan merugikan untuk beberapa tahun ke depan. Untuk itu perlu dipertimbangkan lebih lanjut dari beberapa tips yang akan kami jelaskan.

1. Ukuran

Penempatan kulkas di rumah Anda menjadi faktor pertama yang perlu diperhatikan. Kulkas ditempatkan pada lokasi tertentu yang wajib Anda ukur sebelum pergi ke toko atau website bila pembelian dilakukan secara online.

Untuk dapur modern minimalis, umumnya kulkas berukuran 540 x 585 x 1344 mm. Namun, berbeda bila dapur Anda berukuran besar. Ukuran yang dibutuhkan biasanya adalah 600 x 685 x 1950. Semua tergantung pada ukuran dapur milik Anda.

2. Jenis kulkas

Kulkas untuk rumah tangga pada umumnya memiliki bentuk yang beragam. Jenis kulkas ada yang memiliki satu pintu atau dua pintu. Ada juga yang memiliki desain polos dan bermotif. Ada yang bewarna monokrom dan bewarna-warni.

Kulkas dengan satu pintu sangat direkomendasikan untuk keluarga kecil Anda. Selain itu, bagi Anda yang tinggal sendirian tentu kebutuhan tidak banyak sehingga cukup hanya satu pintu saja. Sayangnya, kulkas satu pintu menyediakan tempat pendingin freezer kecil atau tidak sama sekali.

Kulkas dengan dua pintu cocok untuk Anda yang memiliki hobi memasak. Penyimpanan umumnya terpisah antara freezer dan pendingin biasa. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.

Kulkas dengan desain polos saat ini lebih banyak diminati daripada bermotif. Hal ini karena konsep hidup minimalis yang lebih disukai. Namun, umumnya kulkas dengan motif polos cenderung lebih mahal daripada yang polos.

Selain motif, warna juga sangat penting. Kulkas dengan warna monokrom (hitam atau abu-abu) saat ini sangat best seller. Itu sebabnya kulkas dengan warna merah atau biru tidak terlalu diminati.

3. Kulkas hemat listrik

Gaya hidup ramah lingkungan saat ini menjadi tren. Memilih kulkas dari perusahaan yang mendukung hal tersebut dapat menjadi faktor penentu. Umumnya dapat dilihat dari fitur yang ditawarkan yaitu inverter.

Inverter adalah teknologi yang dapat membuat kulkas bekerja secara efketif dengan suhu yang yang stabil disesuaikan dengan beban atau isi di dalamnya. Teknologi ini juga bisa menjaga kerja kulkas lebih awet untuk beberapa tahun ke depan.

Selain itu, biaya tagihan listrik rumah Anda tidak akan terganggu. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir menyalakan kulkas 24 jam untuk bahan makanan yang awet.

4. Kualitas Pendingin

Ukuran bagus atau tidaknya kulkas bisa dukur melalui kualitas pendinginannya. Sebagai contoh, apakah kulkas tersebut mampu dingin dalam waktu cepat atau tidak. Hal tersebut bisa di cek terlebih dahulu dalam daftar fitur ketika proses pembelian.

Kulkas yang tidak mudah dingin dapat merugikan apalagi bahan makanan yang disimpan seperti daging. Selain itu, kulkas yang baik juga bukan yang terlalu dingin. Bila terlalu dingin akan memunculkan es yang berpotensi memenuhi dimensi penyimpanan.

Sebaiknya, Anda memilih kulkas dengan teknologi no-frost untuk mengurangi kemunculan es tersebut.

5. Harga

Tentu saja ini merupakan hal yang sangat utama untuk dipertimbangkan. Kulkas dengan harga tinggi belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Namun, kulkas dengan harga murah juga belum tentu berkualitas.

Sehingga penting untuk teliti memilih kulkas dengan harga dan kualitas yang saling melengkapi. Umumnya, patokan harga kulkas dari rentang 4 juta rupiah sampai 10 juta rupiah. Tergantung merek dan kualitas yang diminta.

Rekomendasi Kulkas dengan Kualitas Terbaik

Rekomendasi Kulkas dengan Kualitas Terbaik

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, ada baiknya Anda mulai memilih merek kulkas yang sesuai. Dari segi kualitas sampai harga. Produk kulkas dari AQUA Japan memenuhi itu semua.

AQUA Japan memiliki produk kulkas dari berbagai jenis dengan kualitas teknologi no-frost, inverter, dan teknologi Active Fresher Sensor. Harga kulkas AQUA pun terjangkau antara 3 juta sampai 9 juta rupiah. Tentu harga kulkas AQUA sangat bersahabat untuk kantong Anda.

Sekarang, saatnya Anda melakukan pertimbangan supaya lebih bijak dan puas dengan kulkas yang dipilih.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Kulkas Sesuai Kebutuhan Anda"