Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Tips Ampuh Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

Memiliki mobil memang memudahkan setiap perjalanan bepergian bersama keluarga, tetapi juga sekaligus membutuhkan perhatian ekstra untuk merawat kendaraan roda empat tersebut agar tetap dalam kondisi baik. 

Berbagai informasi terkini seputar perawatan mobil tentunya bisa kamu temukan di https://otoklix.com dengan lengkap dan mudah.

Salah satu perawatan mobil yang penting dan tidak boleh diabaikan adalah cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram. 

Kaca lampu mobil sangat berperan penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Kaca lampu yang terjaga dengan baik dapat membantu pencahayaan mobil lebih optimal terutama saat berkendara di malam hari atau pada saat cuaca sedang hujan deras.

Namun, seiring dengan usia pemakaian yang semakin lama, tentu kondisi kaca lampu mobil dapat menjadi buram dan mempengaruhi efek cahaya yang dihasilkan. 

Bagaimana cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram agar kembali seperti sedia kala? Yuk simak tipsnya berikut ini.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram dengan Mudah

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram dengan Mudah

Mengembalikan kaca lampu mobil yang sudah kusam agar kembali bersih dan mengkilap sebenarnya bukanlah hal yang sulit. 

Jika kamu mengetahui bagaimana cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram dengan benar, maka kaca lampu mobilmu tentu dapat kembali kinclong dan mengkilap hanya dalam sekejap.

Nah, langkah pertama cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram tentunya dengan mempersiapkan apa saja peralatan yang dibutuhkan. 

Beberapa peralatan tersebut antara lain seperti kain lap berbahan microfiber, air hangat, amplas 1500 dan amplas 2000, compound atau pasta gigi, cairan pembersih, serta minyak tanah. Selanjutnya, langkah dan tips membersihkan kaca lampu mobil adalah sebagai berikut ini.

1. Terlebih Dahulu Mencuci Kaca Lampu Mobil

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram pertama kali adalah membersihkan kaca lampu tersebut seperti biasanya, yaitu dengan menggunakan sabun pembersih. 

Ini dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca mobil dapat lebih mudah terangkat. Setelah dicuci, kamu harus mengeringkan kaca lampu dengan kain lap berbahan microfiber agar tidak menimbulkan baret di permukaan kaca tersebut.

2. Campurkan Bahan-Bahan Pembersih Kaca Mobil

Salah satu bahan yang terbukti ampuh membersihkan kaca mobil yang sudah kusam adalah dengan mencampurkan cairan pembersih dan minyak tanah dengan perbandingan sekitar 60:40.

Kemudian, untuk menggunakan kedua campuran bahan tersebut, kamu bisa memakai amplas 2000 yang sudah dicelupkan pada campuran tersebut dan kemudian mengamplas bagian kaca mobil yang buram. Jika hasilnya sudah terlihat memuaskan, maka lanjutkan pengamplasan dengan amplas 1000 saja.

3. Aplikasikan Compound Pada Permukaan Kaca Lampu Mobil yang Terdapat Baret

Jangan khawatir jika kaca lampu mobilmu terdapat goresan, lecet, maupun baret yang terlihat sangat mengganggu. 

Compound bisa digunakan untuk mengatasi baret pada kaca lampu mobil dengan maksimal hanya dengan mengoleskannya secara merata di seluruh bagian permukaan kaca lampu tersebut.

Namun, jika memang kamu tidak memiliki compound, kamu bisa menggantinya dengan pasta gigi saja. Meskipun tentu saja hasilnya tidak akan semaksimal dibandingkan dengan penggunaan compound.

4. Kamu Juga Bisa Menggunakan Amplas 1500

Bila cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram sudah dilakukan namun bagian tersebut masih tampak kusam dan terdapat baret halus maupun goresan, lanjutkan pengamplasan dengan menggunakan amplas 1500.

Jangan lupa untuk mencelupkan terlebih dahulu amplas tersebut ke dalam campuran cairan pembersih yang sudah diberi minyak tanah agar proses pembersihan kaca menjadi lebih mudah sekaligus tidak menyebabkan timbulnya semakin banyak goresan di permukaan kaca lampu.

5. Jika Kaca Lampu Mobil Masih Terlihat Kuning dan Kusam

Kamu mungkin merasa sudah melakukan cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram dengan maksimal, namun kaca lampu masih terlihat kusam dan menguning. Tenang saja, oleskan kembali pasta gigi pada bagian kaca yang masih terlihat kuning dan kusam.

Kemudian, gosok perlahan dengan menggunakan kain lap microfiber. Setelah tampak kembali kinclong, bilaslah dengan air bersih dan kemudian dikeringkan.

6. Lakukan Cara Menggosok yang Tepat untuk Hasil Memuaskan

Nah, yang tidak boleh diabaikan dari seluruh langkah pembersihan kaca mobil adalah melakukan pola yang tepat saat menggosok permukaan kaca mobil. 

Kamu harus menggosok perlahan mengikuti pola searah dengan jarum jam dan jangan menekan terlalu kuat karena bisa menyebabkan lapisan mika pada kaca lampu mobil menjadi menipis.

Supaya kaca lampu mobil kamu tidak cepat menjadi buram dan kembali menguning, bersihkan mobil kesayanganmu secara rutin di bengkel cuci mobil terdekat

Di Otoklix, tidak hanya perawatan cuci mobil saja yang bisa kamu temukan, tetapi juga semua perawatan yang mobilmu butuhkan agar tetap maksimal baik dari penampilan fisik hingga performa mesin yang optimal.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Tips Ampuh Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram"