Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna World Tourism Day bagi Negara-negara di Dunia

Mendengar suatu perayaan pastinya mengundang tanya, perayaan apa sih yang akan digelar ? Nah, tanggal 27 September merupakan Hari Pariwisata yang dirayakan di seluruh negeri. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kepada masyarakat, pentingnya pariwisata dalam berbagai sektor baik ekonomi, sosial budaya, maupun politik.

Maka dari itu, tak heran apabila setiap mendekati 27 September pasti berbagai pelosok dunia merayakan world tourism day. Tentunya, di berbagai wilayah menunjukkan perayaan yang berbeda-beda. Dengan kreatifitas yang cukup menarik ditampilkan untuk menyambut dan merayakan Hari Pariwisata Sedunia.

Makna dan Tujuan Tourism Day

Jika mendengar kata makna dan tujuan, pasti terbayangkan apa manfaat dari adanya Hari Pariwisata bagi masyarakat tentunya secara Internasional. Dapat Anda ketahui, bahwa pariwisata kini menjadi sektor yang dilirik wisatawan baik pariwisata buatan maupun alami. Dengan berbagai peningkatan aset wisata dicanangkan menjadi lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Begitu pula dengan makna dan tujuan dari adanya International Tourism Day yakni meningkatkan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya pariwisata bagi komunitas Internasional.

Serta dapat menunjukkan dampak positif maupun negatif dari sektor pariwisata bagi dunia. Tentunya hal tersebut terkait sektor sosial budaya, politik bahkan ekonomi negeri. Maka dari itu, UNWTO akhirnya memutuskan untuk memperingati 27 September sebagai hari Pariwisata.

Tema Penting Hari Pariwisata Dunia

Makna World Tourism Day bagi Negara-negara di Dunia

Untuk mendukung dan mengaspirasi masyarakat maupun pelaku pariwisata, dibuatlah tema dalam memperingati world tourism day. Tentunya tema penting yang disematkan setiap tahunnya berbeda-beda sesuai dengan tujuan dan harapan untuk pariwisata. Berikut ini beberapa tema menarik pada perayaan 7 September:
  • Pada tahun 2022, perayaan Hari Pariwisata di latar belakangi dengan tema “Rethinking Tourism” yang bermakna agar Pariwisata Dunia dapat memikirkan reformasi selanjutnya yang akan dilakukan pada Pariwisata negeri. Tentunya hal ini berkaitan dengan pengelolaan serta perkembangan Pariwisata di masa mendatang.
  • Pada perayaan Hari Pariwisata Internasional di tahun 2021, Organisasi Pariwisata Dunia memberikan tema “Pariwisata untuk Pertumbuhan Ekslusif”. Melalui tema ini diharapkan tak hanya pelaku pariwisata melainkan juga masyarakat, ikut serta ke dalam perkembangan pariwisata. Bukan sekedar meningkatkan nilai statistik wisata, namun juga cara membangkitkan gairah kepada masyarakat untuk terus membantu mengembangkan pariwisata menjadi lebih populer.
  • Tahun 2020 tak kalah menarik dalam memperingati tourism day, UNWTO mengusung tema “Tourism and Rural Development”. Tema ini bertujuan agar ketika pandemi mulai berakhir nantinya, masyarakat dapat ikut serta mengembangkan pariwisata.
Berikut tadi penjelasan terkait beberapa hal akan world tourism day. Tentunya sebagai generasi bangsa, Anda diharuskan untuk ikut serta mengembangkan wisata negeri ini menjadi lebih baik lagi. Informasi terkait Hari Wisata Sedunia dapat Anda peroleh secara rinci melalui website www.pesona.travel . Melalui Web tersebut berbagai informasi terkait pesona negeri dapat Anda ketahui dengan mudah.