Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa CV Lamaran Kerja Penting Saat Melamar Kerja

Pada saat akan melamar suatu pekerjaan, selain membuat surat lamaran pekerjaan para pencari kerja akan melampirkan CV Lamaran Kerja. Dan, jika selama ini para pencari kerja berpikir CV itu dibuat biasa-biasa saja, maka pikiran tersebut harus diubah mulai sekarang.

Karena, CV yang dikirimkan berdasarkan iklan loker Bali maupun situs sejenis akan menjadi jalan pertama para HRD untuk menilai para kandidat karyawannya. Dimana nantinya akan diseleksi dan ditentukan siapa yang layak untuk diterima.

Alasan Mengapa CV Lamaran Kerja Penting Saat Melamar Kerja

Melihat urgensi kedudukan CV tersebut, maka dapat dikatakan bahwa CV itu adalah dokumen yang penting sekali untuk para pencari kerja. Adapun 6 alasan mengapa CV lamaran kerja penting saat melamar kerja adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menarik Perhatian

Dalam membuat CV pastikan tampilannya dapat menarik HRD dan desainnya sesuai dengan jabatan yang akan dilamar. CV tersebut harus memuat semua informasi pencari kerja, dimana informasi yang ditampilkan harus jelas, singkat dan padat.

2. Dapat Menunjukan Kesan Pertama Dengan Baik

Para pencari kerja perlu mengetahui cara bikin CV lamaran yang dapat menunjukkan kesan pertama dengan baik. Dalam CV tersebut harus bisa mendeskripsikan diri para pencari kerja, dimana isinya adalah poin-poin terpenting tentang diri pembuat CV.

Data-data yang perlu dicantumkan adalah terkait pengalaman kerja, pendidikan, data diri dan keahlian yang dimiliki. Dengan kata lain isinya adalah terkait semua riwayat hidup pencari kerja. Dan, HRD akan melihat bagaimana kepribadian pencari kerja dari CV yang dibuat.

3. Dapat Memperlihatkan Profesionalitas

Ketika membuat CV lamaran kerja, pencari kerja harus dapat memperlihatkan seberapa besar tingkat profesionalismenya kepada HRD. Hal ini dapat terlihat dari seberapa serius pencari kerja membuat CV.

Dimana, HRD dapat melihatnya dari keterampilan dan kerapian dari CV yang telah dibuat. Oleh karena itu, CV harus dibuat menarik dan terdapat nilai-nilai yang bisa mempresentasikan bagaimana diri para pencari kerja.

4. Memudahkan Perusahaan Mengetahui Potensi Pencari Kerja

Setiap pencari kerja memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, karena CV lamaran kerja adalah dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja, maka yang perlu ditulis adalah semua kemampuan atau potensi diri pencari kerja. Jangan menjadikan kelemahan sebagai objek di CV yang dibuat.

Dalam CV lamaran kerja, pencari kerja perlu mencantumkan keterampilan, prestasi yang diraih dan kemampuan yang dimiliki. Sehingga HRD dapat dengan mudah mengetahui apa saja potensi yang dimiliki oleh pencari kerja, dan sesuai tidak dengan perusahaan tersebut.

5. Dapat Memperlihatkan Tingkat Kedisiplinan Pencari Kerja

Secara tidak sadar, tingkat kedisiplinan dan kerapian para pencari kerja akan dapat terlihat dari CV yang dibuat. Dimana, hal ini akan terlihat dari diksi yang digunakan, pemilihan font dan warna yang digunakan dalam menulis CV. Oleh karena itu, cv lamaran kerja harus dibuat dengan serius.

6. Dapat Melihat Keunikan Pencari Kerja

Setiap pencari kerja memiliki keunikan masing-masing. Karena CV lamaran kerja adalah langkah awal HRD untuk menilai kelayakan pencari kerja untuk mengikuti proses rekrutmen, maka dalam CV tersebut dicantumkan keterampilan dan pengalamannya.

Dimana, misalkan ketika CV lamaran kerja lulusan SMA yang dibuat oleh lulusan SMA akan berbeda antara yang sudah memiliki pengalaman kerja atau magang dengan yang baru lulus sekolah. Semakin unik, maka seakan akan dilihat oleh HRD. Pastinya juga akan dicocokan kebutuhan perusahaan.

Baik dalam situs loker Bali dan situs sejenisnya terdapat nama jabatan dan apa saja kualifikasi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Dan, waktu membuat CV perlu memperhatikan betul hal tersebut. Jangan sampai salah membuat CV.

Dengan memperhatikan bagaimana tata cara buat CV Lamaran Kerja yang benar, akan menjadi jembatan awal pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang diimpikannya.