Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Kandungan ASI yang Jarang Diketahui

Air susu ibu atau ASI merupakan kebutuhan paling penting bagi tumbuh kembang bayi. Terdapat berbagai kandungan ASI yang dapat membantu bayi untuk tumbuh menjadi anak yang lebih sehat, kuat, dan cerdas.

Apa sajakah kandungan dalam ASI yang tak banyak diketahui oleh masyarakat umum? Jika Anda merasa tak mengetahuinya juga, maka Anda harus menyimak penjelasan berikut ini.

Perkembangan Kandungan ASI Selama Masa Produksi

Aneka Kandungan ASI yang Jarang Diketahui

Perkembangan kandungan pada ASI selama masa produksinya menyesuaikan kebutuhan bayi. Bahkan, ASI ternyata sudah diproduksi bahkan sejak kehamilan, lho. Berikut ini adalah perkembangan kandungannya selama produksi.

Kolostrum

Terkadang ada beberapa pertanyaan mengenai ASI saat ibu akan menyambut buah hatinya. Salah satunya adalah ASI keluar saat kandungan berapa bulan?

Nyatanya, kolostrum diproduksi saat kehamilan tua atau akhir kehamilan hingga beberapa hari setelah melahirkan. Volume kolostrum yang diproduksi ibu sangat sedikit, namun kaya akan gizi yang dibutuhkan bayi.

ASI Transisi

ASI transisi adalah air susu Ibu yang diproduksi dalam masa peralihan dari kolostrum menuju ASI matang. Pada masa ini, ASI akan mengandung kolostrum dan ASI matang. Kandungan gizi ASI transisi adalah lemak dan laktosa atau gula susu.

ASI Matang

Setelah bayi berusia sekitar dua minggu, ASI yang diproduksi oleh Ibu merupakan ASI matang. Kandungan ASI eksklusif hingga bayi berusia enam bulan ini lebih tinggi pada lemak dan karbohidrat jika dibandingkan dengan protein.

Semua zat dan gizi yang terkandung dalam ASI selalu menyesuaikan kebutuhan bayi. Misalnya saat si kecil sakit, maka ASI yang dikeluarkan oleh Ibu pun akan mengandung antibodi dari penyakit tersebut.

Berbagai Zat yang Terkandung dalam ASI

Salah satu pertanyaan yang sering diberikan oleh para Ibu adalah mengenai perbedaan kandungan air susu Ibu dari payudara kanan dan kiri. Apakah ada perbedaan kandungan ASI sebelah kiri dan kanan?

Nyatanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa kandungan ASI dari masing-masing sisi payudara berbeda. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ASI yang keluar dari payudara Ibu, baik yang kanan maupun yang kiri adalah sama. Ini dia beberapa kandungannya.

Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung dalam ASI adalah berupa laktosa. Zat gizi yang satu ini berfungsi sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan laktosa yang terdapat pada ASI jumlahnya hingga 2 kali lipat apabila dibandingkan dengan susu formula.

Protein

Protein yang terkandung dalam ASI memiliki komposisi yang berbeda dengan susu formula. Protein yang menjadi kandungan ASI lebih banyak terbentuk dari protein whey yang mudah dicerna oleh bayi.

Sementara itu, protein yang terdapat pada susu formula biasanya lebih banyak terdiri dari protein kasein yang lebih susah dicerna bagi usus bayi.

Lemak

Kandungan lain yang terdapat di dalam ASI adalah lemak. ASI mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, ASI juga mengandung asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh yang seimbang.

Berbagai Jenis Vitamin

Air susu Ibu mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Vitamin-vitamin yang terdapat dalam kandungan ASI adalah vitamin K, vitamin D, vitamin E, dan vitamin A.

Selain itu, hampir semua vitamin larut air juga turut melengkapi zat gizi di dalam ASI. Seperti asam folat, vitamin B, dan vitamin C.

Mineral

Mineral yang terkandung dalam ASI berkualitas baik bagi bayi. Salah satunya yaitu kalsium yang sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang. Tak hanya itu, terdapat mineral lain di dalam ASI, seperti zat besi, zink, dan selenium.

Demikian penjelasan mengenai kandungan ASI yang jarang diketahui oleh masyarakat secara luas, semoga dapat memberi ilmu dan informasi yang bermanfaat. Terus berikan yang terbaik bagi buah hati, ya!