Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ikan Hias Air Tawar Termahal, Pilih Mana?

KotaSalatiga.com - Apakah Anda pecinta ikan hias air tawar? Pasti tahu dengan ikan arwana. Seperti yang diketahui jika ikan arwana termahal dibandingkan dengan ikan hias di air tawar lainnya. Bukan sekadar omong kosong belaka, sebab pada tahun 2009 silam ada ikan arwana albino yang telah memecahkan rekor penjualan ikan hias termahal dengan harga 300.000 dollar AS (kurang lebih Rp 4,2 miliar).

Bukan hanya ikan arwana saja yang harganya fantastis, masih banyak lagi jenis yang tak kalah mahal. Bagi Anda yang mencari informasi mengenai ikan hias dan dunia ikan lainnya yang bisa dilihat di situs Ikanesia. Berikut ini adalah 5 jenis ikan tercantik di dunia yang bukan hanya indah dipandang, namun harganya juga sangat fantastis.

5 Ikan Hias Air Tawar Termahal

1. Peppermint Angelfish

Peppermint Angelfish

Yang satu ini adalah ikan hias air tawar langka yang sangat indah, bahkan saking langkanya hanya ada satu spesies saja yang dipertontonkan untuk umum dan ada di Akuarium Waikiki, Honolulu, Hawaii. 

Hal yang membuatnya terlihat sangat indah adalah warnanya yang sangat cantik, seperti sebuah permen manis dengan warna merah dan putih dan panjangnya hanya 6,3 cm saja.

Ikan ini ditawarkan dengan harga lebih dari 30.000 dollar AS (sekitar Rp 428 juta). Bagi Anda kolektor ikan hias langka, yang satu ini bisa jadi pilihan.

2. Ikan Pari Air Tawar

Ikan Pari Air Tawar

Biasanya ikan pari hanya bisa bertahan hidup di tengah air laut, namun yang satu ini mengalami mutasi genetik dan membuat kepalanya berbentuk U dan berbeda dengan mayoritas ikan pari di laut yang bundar bentuk kepalanya.

Jenis ikan hias unik yang satu ini menjadi koleksi bagi para pecinta ikan hias kelas atas, sebab untuk seekornya bisa mencapai 100.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 1,4 miliar Rupiah.

Ikan ini tak mampu bertahan di alam liar, sebab kondisi tubuhnya yang mengalami mutasi sehingga hanya cocok dijadikan ikan peliharaan.

Tubuhnya berwarna dasar hitam berbintik putih yang cantik, terlihat elegan saat berenang di dalam akuarium raksasa. Ukurannya umumnya hingga setengah meter diameternya.

3. Masked Angelfish

Masked Angelfish

Para pecinta ikan hias akuarium setuju jika ikan Angelfish ini menjadi idola, umumnya ditemukan di barat laut Hawaii dan pertama kali ditemukan pada tahun 1972 silam.

Ikan hias air tawar ini memiliki panjang 20 cm dan warna putih marmer di tubuhnya dan di bagian mata mereka ada corak hitam seakan mengenakan topeng dan bibir putih kebiruan yang indah.

Harga ikan hias yang satu ini 20.000 dollar AS (sekitar Rp 285 juta). Yang unik dari ikan ini adalah pada saat mereka kecil akan tumbuh sebagai betina, lalu setelah dewasa menjadi jantan.

Ikan ini merupakan salah satu ikan termahal yang susah dicari, sebab hanya sekitar satu atau dua spesies saja bisa dikumpulkan setiap tahunnya.

4. Neptune Grouper

Neptune Grouper

Pecinta ikan hias pasti tahu ikan Grouper,ada banyak jenis ikan Grouper yang sudah ramai di pasaran. Namun untuk yang satu ini ternyata masih jarang ada di pasaran dan membuatnya jadi salah satu ikan hias unik sekaligus ikan hias termahal 6.000 dollar AS ( Rp 85 jutaan). 

Indah dengan warna merah muda dan corak kuning terang seperti pita. Karena hidup jauh di dalam laut, maka saat ditangkap butuh dekompresi dan transportasi khusus supaya ikannya bertahan.

5. Bladefin Basslet

Bladefin Basslet

Ukuran salah satu ikan hias termahal ini hanya 3,8 cm saja, dengan harga 10.000 dollar Amerika atau 142 jutaan. Mungkin terbilang mahal untuk beberapa kalangan namun bagi pecinta ikan hias papan atas, tentu harga ini tak ada apa-apanya dibandingkan keindahan dari ikan yang satu ini. 

Warnanya sangat indah dan juga langka sekali untuk ditemukan. Salah satu ikan termahal di dunia ini tubuhnya putih dengan tanda merah dan memiliki sirip putih yang mirip dengan pisau tajam.

Itulah dia daftar ikan hias air tawar yang langka dan mahal, bagi Anda pecinta ikan hias sejati tentu sangat tertarik dengan daftar ikan hias air tawar langka ini, bukan?

Posting Komentar untuk "5 Ikan Hias Air Tawar Termahal, Pilih Mana?"