Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Memulai Startup yang Sukses? Wajib Kursus Data Science Dulu

KotaSalatiga.com - Startup adalah sebuah pekerjaan yang sangat kekinian dan populer di kalangan masyarakat muda Indonesia. Banyak sekali anak muda yang menuangkan ide segar mereka untuk diwujudkan menjadi sebuah usaha perintis yang bermanfaat bagi masyarakat. Mulai dari bisnis di bidang makanan, fashion, sampai dengan berbagai bidang jasa yang menjadi viral di tengah masyarakat.

Yang berhasil ada banyak, namun yang gagal dan akhirnya menyerah juga tidak sedikit. Hal itu bukan berarti karena ide bisnis mereka yang tidak menjanjikan, sebab banyak pula yang ternyata memiliki ide luar biasa, namun rupanya karena kurangnya ilmu yang dimiliki akhirnya membuat bisnis startup mereka jadi jalan di tempat dan parahnya malah sampai gulung tikar.

Salah satu hal yang wajib dipelajari sebelum memutuskan untuk mendirikan startup dan menghabiskan semua modal yang dimiliki untuk diinvestasikan ke sana. Baiknya Anda kursus data science terlebih dahulu pada ahlinya.

Yang disebut sebagai data science itu sendiri tak lain merupakan disiplin ilmu dan pencarian kebenaran yang memanfaatkan data, supaya bisa mengekstrak pengetahuan dan wawasan yang penting. Lantas, memangnya penting sekali startup gunakan data science?

Alasan Kenapa Data Science Penting untuk Startup?

Ingin Memulai Startup yang Sukses? Wajib Kursus Data Science Dulu

Ketika Anda mengikuti kursus IT dan menguasai data science, maka kelak Anda bisa mengumpulkan serta sekaligus mempelajari perilaku para pelanggan yang ada. 

Bila hal itu berhasil Anda lakukan, maka Anda pun bisa tingkatkan kualitas produk Anda berdasarkan pada semua data pelanggan yang telah dikumpulkan itu. 

Bahkan Anda juga bisa membuat inovasi baru lho. Inovasinya juga yang sesuai dengan apa yang selama ini diharapkan oleh para pelanggan, sehingga bisa memberikan keuntungan yang luar biasa untuk startup yang sedang Anda bangun.

Lantas apa lagi manfaat data science bagi startup yang sedang Anda garap ini?
  • Membantu dalam tentukan fitur dan produk yang pelanggan harapkan
  • Mempermudah untuk mengevaluasi bisnis Anda dan ciptakan strategi dan target bisnis
  • Bisa membantu untuk memprediksi tren yang akan datang
Ternyata sebagian besar bisnis startup stuck pada beberapa langkah permulaan saja, mereka juga tak manfaatkan potensi data science yang luar biasa. Padahal, beberapa dasar dari data science ini sangat bermanfaat bagi bisnis startup Anda. 

Fungsi Data Science untuk Startup Anda

Simak apa yang data science bisa lakukan pada bisnis rintisan Anda di bawah ini:

Tracking Data

Di sini Anda bisa mengambil sejumlah data yang berasal dari halaman situs atau aplikasi tertentu, gunakan metode yang bermacam-macam untuk melakukannya, sehingga bisa tingkatkan fokus dalam bisnis mengenai privasi para pelanggan dan penipuan yang bisa saja terjadi.

Data Pipelines

Saluran yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk kumpulkan data-data yang telah tim analisis dan data science gunakan, untuk membahas pendekatan dengan menggunakan flat file, data lakes, basis data juga sajikan implementasi yang menggunakan DataFlow, BigQuery, dan PubSub.

Business Intelligence

Untuk menjalankannya dibutuhkan beberapa tools, misalnya Apache Airflow, Data Studio, R Shiny dan lainnya. Gunanya untuk mengidentifikasikan praktek umum laporan atau dashboard otomatis, ETL, KPI dan menghitung metriks juga.

Exploratory Analysis

Analisis umum yang akan digunakan untuk menggali data, contohnya seperti membangun histogram, atau membuat fungsi distribusi kumulatif, atau analisis korelasi. Juga bisa menyajikan analisis contoh dengan menggunakan set data public Natality.

Predictive Modeling

Berikutnya untuk menemukan pendekatan supaya bisa melakukan pembelajaran yang diawasi dan yang tidak diawasi, juga untuk menyajikan model prediktif churn serta lintas promosi, juga menyajikan metode yang digunakan dalam evaluasi kinerja model secara offline.

Model production

Untuk yang satu ini cakupannya productizing data science di Twitch, yaitu medsos untuk streaming game, juga sebagai model productizing dengan menggunakan DataFlow. Anda berpotensi untuk temukan pendekatan batch ataupun offline dalam rangka penyebaran model.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah paham bukan kenapa sebelum mendirikan startup wajib mengikuti kursus data science terlebih dahulu? Sebab Anda bisa melakukan proses analisis data dan bisa menemukan solusi maupun strategi terbaik untuk bisnis Anda bila sudah mampu berperan sebagai Data Scientist.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang data scientist yang handal dan bisa diandalkan, maka Anda bisa mengikuti kursus IT di Course-Net. Di sini Anda akan mempelajari berbagai hal yang memperkuat dasar Anda di dunia IT.

Bukan hanya untuk mereka yang sudah mempelajari dasarnya dan ingin lebih mendalami bidang ini saja, bagi Anda yang masih pemula dan belajar dari nol pun sangat cocok untuk memilih lembaga ini.

Kunjungi websitenya dan temukan semua informasi yang Anda butuhkan mengenai data science. Dilengkapi dengan informasi penting mengenai data science, berbagai seluk beluk programming dan berbagai ikuti pelatihan dan mentoring bersama para mentor kenamaan yang ahli di bidangnya, hanya di Science-Net.

Posting Komentar untuk "Ingin Memulai Startup yang Sukses? Wajib Kursus Data Science Dulu"