Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Software Wajib bagi Pemilik Usaha di Tahun 2021, Apa Saja?

Tidak bisa dipungkiri bahwa industri 4.0 membawa banyak pengusaha ke arah bisnis yang lebih lean dan mengharuskan mereka menggunakan teknologi. Salah satunya adalah software.

Bukan hanya perusahaan berskala besar, bahkan usaha skala kecil dan menengah mau-tidak-mau turut mengikuti arus teknologi ini.

Software yang merupakan teknologi itu sendiri mampu mempermudah operasional dan mampu menciptakan lingkungan bisnis yang lebih ramping atau lean.

Untuk itu, melalui artikel ini akan dibahas software wajib apa saja yang harus dimiliki oleh pemilik usaha di tahun 2021.

Software Wajib bagi Pemilik Usaha di Tahun 2021, Apa Saja?

Payroll & HRIS Software

Software wajib pertama yang harus dimiliki oleh perusahaan di tahun 2021 adalah HRIS & payroll software.

Dengan adanya payroll software, perusahaan bisa memangkas waktu dan pekerjaan di bidang payroll dan tata kelola karyawan lainnya.

Selain itu dengan adanya payroll software mampu menciptakan pengalaman kerja bagi karyawan yang lebih baik.

Misalnya melalui sistem absensi online dari payroll software dimana karyawan bisa melakukan absen secara online melalui smartphone.

Data absensi, cuti, lembur, dan benefit juga bisa langsung diolah secara cepat dan otomatis ke dalam perhitungan gaji.

Sehingga tidak ada lagi proses perhitungan gaji yang berulang dan cukup berisiko.

Di sisi lain, dengan adanya payroll software perusahaan bisa lebih memanfaatkan data terutama dalam hal menganalisis data karyawan untuk kebutuhan manajemen perusahaan.

Hal-hal positif lainnya dari payroll software adalah sebagai berikut.
  • Perusahaan bisa lebih sadar dengan peraturan terkait perpajakan dan ketenagakerjaan karena data perhitungan sudah otomatis dengan aspek-aspek legalitas tersebut.
  • Mampu mengadakan benefit karyawan tanpa harus mengganggu arus kas.
  • Melacak jam kerja karyawan secara real-time dan bebas dari resiko kehilangan data atau kecurangan dari oknum karyawan.
  • Perusahaan bisa melakukan pembayaran dan pelacakan atas pembayaran gaji karyawan secara otomatis.

Accounting Software

Keuangan adalah aspek vital dalam bisnis sehingga keamanan dan akurasi perhitungan penting untuk diperhatikan.

Salah hitung atau data keuangan rusak atau hilang akan sangat mempengaruhi jalannya bisnis Anda.

Di tahun 2021 ini, penting bagi perusahaan untuk menginvestasikan accounting software dibanding merekrut karyawan baru hanya untuk pekerjaan berulang.

Dengan adanya accounting software, perusahaan mampu menghitung, mengelola, dan mencatat laporan keuangan secara otomatis dan cepat.

Bukan hanya pencatatan, perusahaan juga bisa mengelola stok barang dengan mudah sehingga tidak ada lagi proses tumpang tindih yang biasanya memakan waktu lama.

Di sisi lain, data pada accounting software jauh lebih aman karena data disimpan secara real-time dalam penyimpanan cloud.

Task Management Software

Adanya task management software ini mempermudah karyawan untuk melacak dan memonitor pekerjaan yang dilakukan dalam satu tim sehingga pencapaiannya dapat terukur.

Berbeda jika membagi tugas pekerjaan melalui whatsapp atau email yang seringkali menyulitkan karyawan dalam melacak pekerjaan mana yang sudah selesai, dalam pengerjaan, atau belum dikerjakan.

Di samping itu, task management software bisa membuat pekerjaan yang sedang dikerjakan tidak tertumpuk dan menghindari karyawan dari burnout.

Consumer Relation Management Software

Di era industri 4.0 yang berbasis data ini perlu bagi perusahaan mengandalkan big data sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

Baik untuk mengembangkan bisnis, mengambil kesempatan baru, hingga melakukan retensi konsumen.

Pemanfaatan data di era teknologi seperti ini sudah menjadi kewajiban. Jika tidak, perusahaan bisa tenggelam dalam persaingan di era tersebut yang dituntut lean dan agile.

Telecommunication Software

Bekerja dari rumah atau hybrid work tampaknya akan menjadi tren kerja di tahun 2021.

Selain mengurangi mobilitas karyawan yang cenderung memakan waktu, hybrid work dinilai mampu mengintegrasikan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari karyawan.

Namun menerapkan hybrid work bukan tanpa persiapan. Perusahaan wajib menyediakan software telekomunikasi yang mampu membuat karyawan tetap terhubung.

Misalnya software telekonferensi seperti Zoom, software obrolan antar karyawan seperti Microsoft Team, dan software telekomunikasi lainnya.

Posting Komentar untuk "Software Wajib bagi Pemilik Usaha di Tahun 2021, Apa Saja?"