Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Membangun Bisnis Fotocopy di Salatiga

Kota Salatiga adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang sangat berkembang, dengan banyak penduduk dan bisa menjadi salah satu tempat usaha yang menjanjinkan. Dari berbagai macam jenis usaha, bidang usaha yang berhubungan dengan fotokopi dan alat tulis kantor atau ATK bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Masyarakat biasanya tidak hanya membutuhkan fotokopi dokumen saja, melainkan juga membutuhkan mesin laminating untuk melaminasi dokumen pribadi, supaya lebih rapi dan tidak mudah rusak.

Tips Bisnis Fotokopi yang Sukses

Tips Bisnis Fotokopi yang Sukses

Hanya saja yang membuka usaha fotokopi ini jumlahnya banyak sekali dan Anda membutuhkan tips yang jitu supaya usaha Anda berkembang. Berikut adalah tips bisnis fotokopi yang bisa Anda lakukan :

1. Memilih Tempat Usaha yang Tepat

Hal pertama yang menentukan kesuksesan usaha adalah lokasinya. Karena usaha apapun jika tidak dibarengi dengan lokasi yang strategis, maka ujungnya akan gulung tikar alias bangkrut. 

Untuk bisnis fotokopi, baiknya Anda membukanya di kawasan sekolah, perkantoran, pemerintahan dan sejenisnya. Karena mereka yang paling banyak membutuhkan usaha fotokopi dan mesin laminasi.

2. Mempersiapkan Modal Usahanya

Jika ingin menyewa tempat di sekitar sekolah atau pusat perkantoran, maka biaya sewanya lebih mahal sebab memang di sana tempat yang strategis. Itulah mengapa Anda harus menyiapkan modal usaha yang lebih besar, supaya bisa nyaman memulai bisnis.

Apalagi mesin fotokopi dan mesin laminating cukup mahal harganya. Tidak perlu langsung besar-besaran, rintis dari kecil saja dan perlahan-lahan dikembangkan.

3. Berikan Pelayanan yang Lebih Memuaskan

Salah satu hal yang membuat pelanggan kembali menggunakan jasa Anda adalah pelayanan yang memuaskan. Usahakan supaya semua kebutuhan pelanggan tersedia, dan berikan pelayanan ramah juga cepat.

4. Mempromosikan Usaha

Karena setiap usaha membutuhkan promosi, walau usaha Anda di tempat yang strategis sekalipun. Anda tetap harus mengenalkan bisnis lewat promosi di medsos maupun membuat banner khusus.

5. Berikan Harga yang Terjangkau

Karena bisnis fotokopi banyak yang meminati, jadi akan terjadi persaingan harga antar bisnis. Jika sebuah usaha mampu menawarkan harga lebih murah, sudah tentu orang-orang pun akan memilih tempat tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan Anda bisa menemukan supplier yang lebih murah, sehingga bisa memberikan harga lebih murah untuk para pelanggan.

6. Jangan Kredit Mesin Fotokopi!

Hal paling penting untuk usaha fotokopi adalah mesinnya. Namun harga mesin ini terbilang mahal dan kadang terjebak kredit untuk membelinya.

Jika usaha Anda tidak lancar, kredit barang tetap berjalan dan itu akan memusingkan Anda. Usahakan untuk membeli mesin secara cash, uangnya bisa dengan menjual aset terlebih dahulu.

7. Bijak Memilih Tipe Mesin

Karena di pasaran banyak sekali jenis yang tersedia, Anda tak boleh sembarangan. Pilih yang harganya paling bersahabat, namun mesinnya bandel dan memiliki banyak fitur penting. Contohnya selain untuk fotokopi juga bisa untuk laminating atau menjilid dan sebagainya.

8. Buatlah Rencana Bisnis yang Matang

Apapun bisnisnya, Anda membutuhkan perencanaan yang matang untuk kelangsungan bisnis. Mulailah dari menentukan berapa besaran modal yang dibutuhkan, siapa target pasar Anda dan bagaimana cara promosi.

Yang jelas, perhitungkan dengan matang apa saja kemungkinan yang bisa menimpa usaha Anda supaya bisa melakukan antisipasi.

9. Menjalin Relasi yang Luas

Memiliki banyak relasi sangat baik untuk membuat bisnis makin maju. Untuk bisnis fotokopi, relasi harus berasal dari instansi pemerintahan dan pendidikan, perusahaan swasta dan sejenisnya. Anda bisa mendapatkan proyek besar yang menguntungkan.

10. Pembukuan yang Jelas

Pembukuan bermanfaat untuk mendapatkan catatan yang lengkap dari semua jenis transaksi. Lebih mudah untuk mengatur keuangan dan menelusuri masalah keuangan.

Itulah dia beberapa tips untuk Anda yang ingin membuka usaha fotokopi di kota Salatiga. Jika ingin lebih laris dan banyak pelanggan, bisa menambah usaha Anda dengan mesin laminating. Mesin ini bahkan bukan hanya untuk melaminasi dokumen saja, tetapi juga sangat cocok untuk laminasi cover atau jilid buku.

Anda bisa menambah pundi Rupiah dengan menyediakan mesin laminasi di tempat usaha, informasi mesin laminasi selengkapnya bisa dicek di website Maxipro.

Posting Komentar untuk "10 Tips Membangun Bisnis Fotocopy di Salatiga"