Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Gigitan Nyamuk pada Anak saat Traveling

Ketika melakukan traveling sudah menikah dan memiliki anak, tidak mungkin membiarkan anak tidak bisa ikutan. Membawa anak saat traveling adalah cara terbaik untuk berliburan bersama keluarga. Perlindungan anak agar tidak terkena apapun sudah dipersiapkan sebelum berangkat.

Namun, terkadang tanpa orang tua ketahui anak tergigit nyamuk. Sehingga membuat anak rewel dan ibu kebingungan. Untuk mencegah hal tersebut, sebagai ibu perlu membawa salep untuk mengatasi gatal bahkan meredakan sakit karena cidera ringan yaitu salep Zambuk dari Bayer.

Cara Mencegah Anak Tergigit Nyamuk

Cara Mencegah Anak Tergigit Nyamuk

Agar anak terhindar dari nyamuk, sebagai orang tua sebaiknya melakukan beberapa hal di bawah ini:
  1. Gunakan pakaian yang terang untuk anak dengan lengan panjang dan celana yang panjang pula. Gunakan bahan yang bisa menyerap keringat agar anak tidak kegerahan.
  2. Hindari tempat traveling yang tidak bersih tempatnya, terlalu banyak genangan air, dan tidak terawat.
  3. Hindari penggunaan parfum maupun lotion anak yang aromanya menyengat. Karena nyamuk menyukai aroma-aroma yang kuat.
  4. Gunakan lotion khusus untuk anti nyamuk. Salep Zambuk bisa digunakan sebagai lotion anti nyamuk ketika traveling bersama anak.
Pencegahan ini bisa diperhatikan sebelum berangkat traveling. Sudah mengecek apakah tempat yang dikunjungi memang bersih, hotel yang dipakai terawat, dan lainnya. Karena kesehatan anak adalah yang utama agar traveling aman dan nyaman.

Dengan mencegah anak dari gigitan nyamuk bisa terhindari dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Seperti malaria hingga DBD, maka pencegahan sangat penting sebelum terjadi di luar hal yang tidak terduga.

Jika terlanjur anak tergigit nyamuk bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

Ciri-Ciri Tergigit Nyamuk dan Cara Mengobatinya

Ciri-ciri bagi anak yang tubuhnya tergigit nyamuk antara lain:
  • Anak refleks menggaruk bagian yang tergigit.
  • Ada bentol dengan warna merah.
  • Banyak bentol dan warnanya kecoklatan atau bentol yang keras.
  • Bekas gigitan menjadi merah, nyeri, dan bengkak merupakan ciri sindrom skeeter. Sindrom ini umum di anak-anak.
Berbagai cara untuk mengobati gigitan nyamuk sebagai berikut ini:
  1. Tenangkan diri sendiri dan anak.
  2. Bersihkan area yang tergigit nyamuk dengan air mengalir.
  3. Kompres yang gatal dengan air es, karena ini bisa mengurangi rasa gatal.
  4. Oleskan bagian dalam lidah buaya, karena memiliki efek meredakan peradangan.
  5. Gunakan salep anti nyamuk yang mengandung camphor (kapur barus) dan eukaliptus dengan menggunakan Zambuk yang memiliki dua kandungan tersebut.
  6. Oleskan lotion yang mengandung calamine atau hidrokortison. Kedua kandungan tersebut bisa menghilangkan rasa gatal. Biasanya lotion ini harus sesuai dengan resep dokter.
Segeralah ke dokter jika terjadi hal-hal seperti ini anak mengalami mual, wajah mengalami bengkak, pingsan, sulit bernapas, dan detak jantung melemah. Guna mencegah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Jika terjadi apapun pada anak, sebagai orang tua sebaiknya tenangkan terlebih dahulu. Jangan panik agar persoalan tidak semakin runyam. Anak juga ikut-ikutan merasa tenang karena orang di sekitarnya melindungi.

Kandungan, dan Penggunaan Salep Zambuk

Salep Zambuk merupakan salep produksi dari Bayer berwarna hijau yang fungsi utamanya untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk dan meredakan cedera ringan. Contohnya memar, terkilir, dan keseleo yang ringan.

Kandungan salep Zambuk yaitu Ointment yang gunanya untuk meredakan sakit ringan, camphor dan eucalyptus untuk gigitan nyamuk, dan kandungan lainnya ada colophony dan thyme oil.

Penggunaan salep Zambuk hanya untuk pengolesan di bagian luar tubuh. Tidak dioleskan pada luka yang terbuka seperti luka bakar. Hindari penggunaan pada bayi dibawah umur 2 tahun.

Cara menggunakan salep Zambuk yaitu bukalah wadah salep, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit, tutup kembali hingga rapat. Simpan salep di tempat yang temperaturnya sedang. Hindari penyimpanan di bawah terik matahari secara langsung.

Selalu memiliki persediaan salep Zambuk di P3K perjalanan maupun di rumah. Hanya dengan satu salep bisa mengobati cedera ringan pada anak-anak maupun dewasa. Agar travelling bisa berjalan lancar, anak menikmati, dan orang tua merasa tenang. Selalu siap sedia obat-obat untuk anak di perjalanan.

Posting Komentar untuk "Waspada Gigitan Nyamuk pada Anak saat Traveling"