Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Facebook Analytics dan Kegunaannya

Facebook analytics merupakan tool pelaporan media sosial (Facebook) yang mencakup Facebook page, pixel, dan aplikasi untuk membantu Anda mendapatkan gambaran lebih besar mengenai interaksi audiens dengan halaman Facebook Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat bagaimana audiens Facebook Page Anda dan Facebook pixel terhubung atau saling overlap. 

Artinya, Anda dapat menganalisis bagaimana audiens Facebook berinteraksi dengan website Anda, maupun bagaimana audiens website Anda berinteraksi dengan Facebook Page Anda. Hal ini dikarenakan posisi Facebook pixel yang krusial dalam tool analytics di Facebook.

Mengenal Apa Itu Facebook Analytics dan Kegunaannya

Secara garis besar, Facebook analytics akan mempermudah para marketer dalam melacak hasil organik maupun iklan berbayar di berbagai perangkat maupun session. 

Lebih lanjut lagi, proses monitoring dan pelaporan performa Facebook Page Anda pun akan jadi lebih mudah sehingga marketing campaign Facebook bisa terus Anda tingkatkan untuk hasil yang lebih optimal.

Hanya saja, menggunakan tool analytics bisa jadi terasa sulit terutama jika Anda masih pemula dan belum terlalu familiar dengan tool ini. 

Akibatnya, Anda jadi merasa enggan menggunakannya, terlepas dari fakta bahwa Anda barangkali benar-benar sudah menyadari manfaatnya.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena tool analytics sebenarnya juga bisa diperoleh dari platform pihak ketiga. 

Contohnya Matamaya, yang mampu menyajikan data analytics sama lengkapnya dengan tool analytics bawaan Facebook, namun dengan penyajian data yang lebih baik.