Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pemanasan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Pemanasan - Melakukan olahraga adalah salah satu cara untuk memulai gaya hidup yang sehat. Seperti yang diketahui, jika membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat di kegiatan sehari-hari, maka dampaknya adalah bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi jauh lebih baik. Kondisi tubuh juga senantiasa segar dan bugar, sehingga selalu semangat saat beraktivitas.

Olahraga pun dipilih untuk melengkapi gaya hidup sehat, apalagi berolahraga ada banyak manfaatnya. Misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan otot dan masih banyak lagi.

Banyak pula yang melakukan olahraga untuk membantu program diet mereka, supaya bisa membakar lebih banyak kalori.

Manfaat Pemanasan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Pemanasan yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum memulai untuk olahraga, ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Salah satunya adalah melakukan pemanasan. Tahukah Anda apa manfaat dari pemanasan? Banyak yang menyepelekan pemanasan, padahal manfaat yang akan Anda rasakan adalah sebagai berikut:

1. Membantu Anda menikmati olahraga

Apabila Anda membiasakan diri untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga, maka secara otomatis semua sendi dalam tubuh menjadi lebih rileks dan akhirnya jadi lebih leluasa ketika bergerak.

Untuk melakukan gerakan pemanasan ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti lari di tempat, memutar lengan atau bahu dan masih banyak lainnya.

2. Risiko cedera yang menurun drastis

Apa masalah kesehatan yang paling sering terjadi? Salah satunya adalah terkilir atau kram otot. Tahu sendiri bagaimana kondisi kaki Anda ketika terjadi cedera?

Bukan hanya susah untuk berjalan dan aktivitas lainnya, bahkan untuk sekadar bangun pun tentunya Anda membutuhkan bantuan dari orang lain.

Risiko cedera bisa Anda kurangi apabila selalu memulai hari dengan sejumlah gerakan pemanasan yang menyenangkan. Anda bisa mengikuti gerakannya lewat video tutorial, unduh videonya sehingga bisa Anda saksikan dengan lebih leluasa.

3. Postur tubuh yang menjadi lebih baik

Pemanasan itu sendiri diadakan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan otot, yang bisa terjadi ketika otot yang tadinya dalam kondisi normal, kemudian dipaksa untuk melangsungkan aktivitas fisik yang berat.

Hasilnya adalah kram, keseleo dan berbagai masalah lainnya. Hebatnya lagi, dengan rutin lakukan pemanasan maka Anda bisa memperbaiki postur tubuh lho. Beberapa gerakan memang mampu membuat tulang punggung Anda menjadi lebih lurus dan tidak bungkuk lagi.

4. Mengurangi rasa nyeri setelah olahraga

Bukan hal aneh jika setelah berolahraga berat akhirnya Anda akan merasa sakit, otot-otot terasa pegal, linu dan agak sakit saat melakukan aktivitas.

Akan tetapi hal itu bisa Anda minimalisir dengan cara melakukan pemanasan dengan baik dan benar. Sebab gerakan pemanasan bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Berkat pemanasan, maka Anda pasti merasakan tubuh terasa lebih hangat dan juga lebih nyaman untuk melakukan rangkaian gerakan inti dalam olahraga yang akan Anda lakukan.

5. Untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh

Untuk lebih lincah beraktivitas, lebih gesit dan didukung dengan stamina yang kuat, ternyata bisa didapatkan dengan cara melakukan pemanasan sebelum olahraga berat.

Fleksibilitas akan membantu sekali Anda mengurangi risiko bagian tubuh yang cedera akibat otot dan sendi yang kaku!

Ada banyak video tutorial yang bisa Anda lakukan bila ingin mulai melatih fleksibilitas tubuh, lebih seru jika dilakukan bersama dengan pasangan atau rekan, supaya lebih semangat.

6. Membantu untuk melepas stres

Ternyata bukan hanya kesehatan fisik yang akan Anda dapatkan, namun juga bisa membantu untuk meredakan stress yang Anda hadapi.

Hal itu bisa terjadi karena saat Anda sedang stress, maka otot-otot juga akan terasa tegang, umumnya pada bagian leher dan tengkuk akan terasa sangat tegang.

Beberapa gerakan pemanasan memiliki kesulitan masing-masing dan ada kalanya gerakan tersebut sangat menyenangkan untuk dilakukan dan membuat pikiran Anda terasa lebih tenang lagi.

Demikian adalah beberapa manfaat dari dari melakukan pemanasan yang harus Anda ketahui. Jadi mulai saat ini, jangan sampai enggan melakukan pemanasan, ya?

Sebab manfaatnya sangat luar biasa untuk tubuh. Bukan hanya yang telah disebutkan di atas, apa manfaat dari pemanasan masih banyak yang akan dirasakan, apalagi jika rutin dikerjakan setiap hari.