Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Contoh Pengaplikasian Geotextile pada Industri Kota Salatiga

Seperti yang banyak orang tahu, bahwa Geotextile dan produk geosintetik lainnya ternyata pempunyai kekuatan juga pengaruh yang besar pada konstruksi tanah. Karenanya saat ini sudah mulai banyak kontraktor yang bekerjasama dengan Distributor Geotextile dan mulai menggunakan Goetextile ini untuk membantu pembangunannya.

Salah-satu fungsi dalam menambahkan lapisan geotextile pada lapisan tanah adalah untuk mengatasi masalah yang mungkin saja muncul pada struktur penahan tanah tersebut. Langkah ini nantinya akan bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam menerima beban yang cukup besar.

Sebuah penelitian laboratorium yang sengaja dibuat untuk mempelajari tentang seberapa besar peningkatan beban dari struktur penahan tanah. Pengamatan dilakukan dengan percobaan bak uji ukuran 100 x 50 x 60cm, melakukan pengamatan dengan dilakukannya perbandingan model struktur tanah tanpa menggunakan geotextile dan dengan memakai lapisan geotextile.

Hasilnya, bahwa peningkatan beban terbesar yang bisa dipikul struktur penahan tanah dengan menggunakan lapisan geotextile meningkat sebesar 824%, penelitian menggunakan geotextile type HATE Reinfox sebanyak 7 lapis dengan jarak 7,5 cm.

Fungsi lain dari mengaplikasikan geotextile ini adalah untuk penanganan longsoran. Seperti yang banyak dilakukan oleh para peneliti yang menunjukkan bahwa penanggulangan longsoran dengan memakai bahan geosintetik atau geotextile di ruas jalan untuk memperkuat timbunan jalan akan menciptakan beberapa keuntungan, seperti
  • Geotextile atau geosintetik sebagai separator, maksudnya adalah untuk mencegah tercampurnya agregat pilihan dengan lapisan tanah lunak yang asli.
  • Fungsi geotextile sebagai penguatan tanah dasar yang akan mempunyai properti daya tarik yang akan melawan pergerakan tanah dasar yang mengembang atau menyusut
  • Geotextile ini juga digunakan sebagai penguat lereng jalan permanen ataupun sementara. Karena kandungan geomembrane yang berfungsi untuk penguat bahu jalan agar bisa mencegah perubahan kadar air pada tanah dasar karena sifat geomembran yang kedap air, tahan akan pelapukan pada zat kimia tanah juga mempunyai daya tahan dan kekuatan tarik terhadap longsoran, sobekan juga daya tahan coblos yang lebih tinggi.
Selain itu, berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian pekerjaan dengan menggunakan bahan Geotextile.

Pengaplikasian Bahan Geotextile


Pengaplikasian Bahan Geotextile

1. Untuk Konstruksi Jalan

Distributor Geotextile CV Pasti Jaya menyediakan Non Woven Geotextile yang mempunyai daya tarik tinggi yang berfungsi sebagai lapisan pemisah atau separator antara lapisan tanah dasar dengan lapisan keras diatasnya sehingga membuatnya tetap terjaga dan menyebarkan tegangan.

2. Untuk Lahan

Hilon Geotextile sebagai separator yang bisa diaplikasikan pada lahan yang akan dilakukan proses penimbunan agar material timbunan tidak bercampur dengan tanah dasar atau lumpur, sehingga akan membuat penimbunan menjadi lebhi hemat dan efisien.

3. Untuk Jalur Kereta Api

Geotextile pada jalur kereta api bisa digunakan sebagai separator tanah dasar dengan balast atau pecahan batu-batuan. Fungsinya adalah untuk menambah ketebalan dan karakteristik lapisan pecahan batu tersebut sehingga kekuatannya akan bertambah.

4. Untuk Pemeliharaan Beton

Produk Geotextile juga bisa digunakan sebagai pengganti karung goni untuk pemeliharaan bahan beton setelah dilakukannya tindakan pengecoran. Proses ini berfungsi untuk mencegah hilangnya air pada beton saat beton braeaksi atau mulai mengeras sehingga kualitas beton bisa lebih maksimal.

5. Pengaplikasian Geotextile Pada Pantai

Bahan Geotextile Non Woven yang dikombinasikan dengan batu-batu atau tetrapod bisa digunakan sebagai penahan erosi agar pasir tidak terbawa arus atau ombak pantai. Bahan ini bisa dipasang pada bagian bawah tumpukan batu di breakwater atau pemecah gelombang yang akan berfungsi sebagai filter dan separator.

Bahan Geotextile Non Woven atau tanpa tenunan ini terbuat dari serat polypropylene yang digunakan dengan proses needle punched, juga sangat cocok jika diaplikasikan pada tanah dasar yang banyak mengandung sisa-sisa tanaman. Bahan ini juga memiliki daya tahan coblos yang lebih tinggi dan sifat hidrolik propertis sebagai penyaring air tanpa membawa agregat tanahnya.

CV Pasti Jaya merupakan salah satu distributor waterproofing SIKA & FOSROC terbaik di Indonesia. Selain sebagai distributor juga melayani pemasangan waterproofing membran. Produk yang ditawarkan lainnya yaitu PVC Waterstop, Geotextile, Geomembrane dan Kawat Bronjong Galvanis.

Untuk yang sedang mencari dan membutuhkan informasi tentang water proffing, silahkan cek Distributor Geotextile CV Pasti Jaya dengan produk andalannya yaitu Geotextile yang telah banyak digunakan para perusahaan konstruksi untuk bisa memberikan tambahan stabilitas bangunannya.

moga artikelnya bermanfaat ya ;)

Posting Komentar untuk "4+ Contoh Pengaplikasian Geotextile pada Industri Kota Salatiga"