Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Rumah di Kota Salatiga

Mengingat rumah adalah salah satu kebutuhan pokok, maka merencanakan dengan baik sebelum memilikinya adalah sebuah keharusan. Salah satu alasannya adalah karena harganya cukup tinggi. Nah, supaya tidak menyesal, yuk intip tips membeli rumah berikut ini.

7 Tips Membeli Rumah untuk Keluarga

Tips Membeli Rumah untuk Keluarga

Pahami apa yang dibutuhkan anggota keluarga

Untuk teman-teman yang sudah memiliki keluarga, sangat perlu memikirkan hal ini. Karena soal infrastruktur rumah, apa yang dibutuhkan oleh anak balita tentu akan berbeda dengan lansia.

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan seperti apakah perlu membeli rumah dengan sebuah garasi atau taman? Berapa jumlah kamar yang dibutuhkan untuk satu keluarga?

Pengembang terpercaya

Tentu kita sudah sering mendengar berita tentang developer abal-abal. Bahkan, beberapa kasus mengisahkan jika developer kabur membawa uang para pembeli. Tentu kita tidak ingin hal semacam ini terjadi pada kita, bukan?

Karenanya, memilih developer yang terpercaya adalah hal yang sangat penting. Carilah track record developer, pelajari portofolio atau bisa juga mendengarkan pendapat dari pihak ketiga yang dipercaya.

Harga sesuai dengan budget

Harga beli rumah baru, memang sangat relatif. Murah atau mahal tentu sangat bergantung pada kondisi finansial setiap keluarga.

Hal yang harus kita jadikan pedoman adalah, belilah rumah sesuai dengan anggaran yang sudah disepakati bersama.

Selain itu, perhatikan juga kualitas bangunan dengan harga yang ditawarkan dan jangan tergiur dengan harga yang murah, ya.

Perhatikan lokasi calon rumah

Tips membeli rumah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengecek lokasi rumah. Tentu kita tahu, jika rumah di pusat kota jauh lebih mahal dibandingkan dengan di daerah yang sedikit pinggir.

Namun, konsekuensi dengan konsekuensi akses untuk mendapatkan transportasi juga terbatas. Maka, tips membeli rumah yang bisa dijadikan pertimbangan adalah pilihlah rumah di daerah pinggir karena harganya lebih murah dan yang mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Perhatikan fasilitas umum dan lingkungan

Beberapa fasilitas umum yang saat ini banyak kita butuhkan adalah Anjungan Tunai Mandiri (ATM), swalayan, tempat ibadah hingga fasilitas kesehatan.

Jika memungkinkan, carilah rumah yang cukup dekat dengan fasilitas-fasilitas tersebut. Bahkan, jika beruntung teman-teman bisa mendapatkan rumah yang juga dekat dengan tempat hiburan.

Selain keberadaan fasilitas umum tersebut, kita juga perlu mempertimbankan kondisi lingkungan di sekitar rumah.

Apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak? Apakah sering terjadi kasus pencurian atau tindak pidana lainnya? Dan pastikan juga rumah yang akan dibeli, dikelilingi oleh tetangga yang baik, ya. Ini juga hal yang sangat penting.

Pahami bahan bangunan

Untuk beberapa rumah baru, biasanya sudah dilampirkan terkait bahan bangunan yang digunakan untuk rumah tersebut. Cari tahulah tentang kualitas bahan-bahan tersebut.

Rumah yang dibuat dari material yang berkualitas, tentu akan lebih nyaman saat ditinggali. Namun jika bukan rumah baru, teman-teman juga tetap bisa menanyakannya pada pemilik rumah sebelumnya.

Nilai potensi di masa mendatang

Terkait potensi di masa depan ini, beberapa hal yang bisa teman-teman pertimbangkan adalah seperti nilai jualnya, persentase kemungkinan melakukan renovasi atau mungkin justru akan menjadikannya warisan?

Ingin Membeli Rumah Bekas? Simak Tips di Bawah Ini, Yuk!

Membeli rumah bekas juga salah satu pilihan yang patut diapresiasi. Karena sebagaimana yang kita tahu, harga rumah bekas ini juga masih cukup tinggi. Jika kebetulan ingin membeli rumah bekas, coba kita simat tips di bawah ini juga, ya.

Hal pertama yang perlu dicari tahu adalah tentang legalitasnya. Lalu, usahakan untuk mengunjungi secara langsung, jangan hanya percaya pada gambar atau foto yang diterima.

Tentu saja jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Bandingkan juga dengan kualitas maupun kondisi lingkungan rumah tersebut.

Saat membeli rumah bekas, kita juga perlu mempertimbangkan tentang biaya renovasinya. Karena tidak menutup kemungkinan, jika rumah rumah yang dijual tersebut memiliki desain yang berbeda dengan keinginan kita atau karena kondisi bangunannya.

Sepertinya tips membeli rumah untuk teman-teman cukup sampai di sini. Baik membeli rumah baru atau bekas, sebaiknya memang tidak terburu-buru melakukan pembayaran DP. Pertimbangkan banyak hal dan diskusikan dengan orang terdekat atau ahlinya dulu.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Rumah di Kota Salatiga"