Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Daftar Negara Pernah Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

Antusiasme masyarakat menyambut Piala Dunia mulai terlihat. Jika mengetikkan kalimat cek jadwal piala dunia 2022 pada mesin pencarian, akan muncul hasil berupa jadwal lengkap babak penyisihan hingga final.

Daftar Negara Tuan Rumah Piala Dunia

Daftar Negara Tuan Rumah Piala Dunia

Sejak 1930, Piala Dunia sudah diselenggarakan sebanyak 22 kali di 17 negara. Sampai akhirnya, panitia memutuskan untuk melakukan rotasi tuan rumah Piala Dunia. Berikut 17 negara tuan rumah Piala Dunia.

1. Uruguay

Uruguay menjadi negara pertama sebagai tuan rumah pertama pagelaran piala dunia pada tahun 1930. Piala Dunia diselenggerakan di ibu kota Uruguay, Montevideo. Sebanyak 13 negara ikut berpartisipasi dengan kemenangan 4-2 Uruguay atas Argentina.

2. Italia

Italia menjadi tuan rumah kedua untuk pagelaran Piala Dunia yang berlangsung pada tahun 1934, di mana Italia selaku tuan rumah keluar sebagai pemenang. Italia kembali menjadi tuan rumah di tahun 1990. Pagelaran yang tersebut dimenangi oleh Jerman Barat.

3. Perancis

Pada tahun 1938, Perancis menjadi tuan rumah Piala Dunia selanjutnya. Di tahun ini, Indonesia yang pada waktu itu bernama Hindia Belanda ikut berpartisipasi dan kemenangan diraih oleh Italia.

Perancis kembali menjadi tuan rumah pada tahun 1998. Sebagai tuan rumah, Perancis berhasil mendapatkan piala kemenangan skor 3-0 dari Brasil. Kemenangan ini membuat Timnas Perancis menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

4. Brasil

Akibat pecahnya Perang Dunia II, Piala Dunia harus dihentikan selama 2 kali pageralan yaitu di tahun 1942 dan 1946. Brasil menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 1950 dan Uruguay membawa pulang piala kemenangan.

Brasil kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 2014 dan belum berhasil menahan piala kemenangan di rumah.

5. Swiss

Tahun 1954 menjadi tahun di mana Swiss menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dengan tambahan partisipasi 3 negara lebih banyak, Piala Dunia 1954 di Swiss diikuti oleh 16 negara dan Jerman Barat berhasil membawa pulang piala kemenangan.

6. Swedia

Swedia keluar sebagai tuan rumah Piala Dunia 1958. Di pagelaran ini, Swedia justru menjadi saksi kemenangan pertama kalinya Timnas Brasil dengan nilai skor di 5-2 dari tuan rumah.

7. Chile

Chile menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1962. Piala Dunia diakhiri dengan pertandingan antara Brasil dan Republik Ceko dengan nilai akhir 3-1. Menjadikan Brasil sebagai negara dengan kejuaraan beruntun mengikuti Italia.

8. Inggris

Pada tahun 1966, Inggris menjadi tuan rumah selanjutnya untuk Piala Dunia. Keberhasilan Inggris mempertahankan piala kemenangan membuat Inggris menjadi negara tuan rumah selanjutnya yang menang di rumah sendiri setelah Uruguay, Italia, dan Perancis.

9. Meksiko

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia diselenggarakan di luar Eropa dan Amerika Selatan. Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1970 dan Brasil kembali menjadi pemenang.

16 tahun kemudian, Kolombia mengundurkan diri dari tuan rumah Piala Dunia akibat bencana alam. Menjadikan Meksiko kembali menjadi tuan rumah di tahun 1986. Argentina keluar sebagai pemenang mengalahkan Jerman di babak final dengan skor 3-2.

10. Jerman

Jerman Barat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1974. Di Piala Dunia kali ini, trofi kemenangan baru diluncurkan. Trofi yang dibuat oleh seniman asal Italia bernama Silvio Gazzaniga berhasil dipertahankan tuan rumah, Jerman Barat.

Tahun 2006, Piala Dunia digelar di Jerman. Kemenangan Italia mengalahkan Perancis dalam adu penalti membuat Timnas Italia memiliki gelar juara dunia sebanyak 3 kali.

11. Argentina

Pagelaran Piala Dunia tanggal 1 sampai 25 Juni 1978, menjadikan Argentina sebagai negara tuan rumah selanjutnya yang memenangkan pertandingan. Argentina berhasil mengalahkan Belanda dengan skor akhir 3-1.

12. Spanyol

Spanyol menjadi tuan rumah Piala Dunia selanjutnya pada tahun 1982. Sebanyak 14 kota dengan 16 stadion digunakan selama turnamen. Kemenangan kembali diraih Italia setelah menaklukkan Jerman Barat.

13. Amerika Serikat

Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat berhasil menjadi Piala Dunia dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah, yaitu 69.000 penonton di setiap pertandingan. Brasil menang dalam adu penalti melawan Italia. Menjadikan Brasil memiliki gelar juara dunia sebanyak empat kali.

14. Korea Selatan dan Jepang

Piala Dunia 2002 berhasil memecahkan beberapa rekor, di antaranya adalah pagelaran Piala Dunia pertama diselenggarakan di Asia. Selain itu, Piala Dunia 2002 menjadi pertama kalinya buat dua negara sebagai tuan rumah. Rekor lainnya adalah Brasil yang mengalahkan Jerman di final, membuat Brasil meraih gelar juara dunia kelimanya.

15. Afrika Selatan

Tahun 2010, menjadikan Afrika Selatan sebagai negara pertama tuan rumah Piala Dunia di Benua Afrika. Timnas Spanyol mencatat sejarah pertama mereka sebagai tim bergelar juara dunia setelah berhasil menaklukkan Belanda.

16. Rusia

Rusia menjadi negara pertama tempat digelarnya Piala Dunia di Benua Eropa Timur. Pada Piala Dunia 2018, Perancis melawan Kroasia di final dengan skor akhir 4-2 yang dimenangkan Perancis.

17. Qatar

Menetapkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadikan Qatar sebagai negara Arab pertama dalam jajaran tuan rumah Piala Dunia. Piala Dunia yang direncanakan berlangsung pada bulan November hingga Desember ini siap disambut oleh negara Qatar dengan mempersiapkan 6 stadion untuk digunakan selama pagelaran.

Mulai cek jadwal Piala Dunia 2022 untuk tetap update. Di tengah pandemi yang masih melanda, tidak ada salahnya tetap menyambut Piala Dunia 2022 dengan suka cita. Semoga tulisan ini bisa memberikan pengetahuan kepada pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "17 Daftar Negara Pernah Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia"