Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Sakit Perut Bagian Kiri? Mungkin ini Penyebabnya

Pernah mengalami sakit perut bagian bawah sebelah kiri? Rasanya ini adalah satu kondisi yang banyak diderita oleh sebagian besar orang. Tentu saja penyebab munculnya rasa sakit ini sangat beragam.

Mulai dari mengonsumsi makanan yang kurang sehat maupun anda munculnya gejala penyakit tertentu. Nah, penyakit-penyakit yang biasanya mempunyai gejala seperti ini adalah gastritis atau iritasi pada lapisan lambung, hernia hingga serangan jantung.

Untuk kondisi-kondisi di atas, bisa kita kenali dengan sakit perut bagian bawah kiri atau sebelah kiri. Lalu, kapan harus ke dokter? Saat teman-teman sudah mengkonsumsi obat, tapi rasa sakitnya tidak berkurang, segera ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nah, yuk, kita cari tahu apa saja penyakit-penyakit yang kemunculannya banyak ditandai dengan sakit perut bagian bawah ini. Simak penjelasan berikut ini, ya.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri

1. Hernia

Hernia memang termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh kaum adam. Meskipun kondisinya tidak terlalu membahayakan penderita, tapi sebaiknya memang segera diobati untuk menghindari munculnya komplikasi lainnya.

Untuk penderita hernia, biasanya akan merasakan sakit perut bagian bawah ini ketika mereka sedang batuk. Jangan lupa, jika penyakit ini juga memiliki tanda seperti adanya benjolan pada testis dan panggul kita.

Itulah kenapa, banyak dokter yang berpesan untuk tidak meremehkan sekecil benjolan apapun yang mendadak muncul pada bagian tubuh kita.

2. Kista Ovarium

Seperti hernia, kista ovarium ini juga berupa benjolan, tapi di bagian indung telur. Rasa sakit pada perut bagian bawah ini kemungkinan besar muncul, jika benjolan tersebut berada di sebelah kiri.

Gejala lain yang juga mungkin dirasakan oleh penderita kista ovarium ini adalah perut kembung dan juga nyeri pada bagian panggul.

Bagaimana penanganan penyakit ini? Jika benjolan sudah semakin besar, maka pilihannya adalah dilakukan pengangkatan dengan melakukan operasi.

Namun, untuk proses pengobatan tentu saja berbeda setiap orang, karena hal-hal seperti jenis kelamin, usia sampai ukuran benjolan juga menjadi pertimbangan para dokter.

3. Penyakit pada Ginjal

Sedikit informasi untuk teman-teman, bahwa ada beberapa penyakit yang bisa menyerang ginjal kita, seperti batu ginjal, batu pada saluran kemih hingga infeksinya ginjal.

Kondisi-kondisi di ataslah yang kemudian menyebabkan rasa sakit perut di bagian bawah.

Namun, tentu saja sakit perut bukanlah satu-satunya gejala yang muncul. Gejala lain yang juga bisa dialami penderita penyakit ginjal ini, seperti : warna cairan urin yang cenderung kemerahan, susah buang air kecil dan nyeri pada bagian pinggang

Beberapa penyakit yang juga bisa menyebabkan sakit perut bagian bawah adalah sirosis, alergi obat dan makanan tertentu, usus buntu dan atau gangguan pada usus lainnya.

Sampai di sini, apakah-apakah teman-teman setuju jika menjaga gaya hidup adalah hal sangat penting? Dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan, tentu saja kita bisa meminimalisir serangan berbagai bakteri, virus hingga kuman penyebab penyakit.

Salah satu kebiasaan hidup sehat yang perlu kita perhatikan adalah mencuci tangan. Benar, karena tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling banyak menyentuh barang dan menyentuh anggota tubuh lainnya.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun yang berkualitas, maka paling tidak kita mencegah masuknya virus, kuman dan bakteri tersebut ke dalam tubuh.

Salah satu sabun yang bisa teman-teman gunakan adalah Lifebuoy. Sabun cuci tangan Lifebuoy ini mengandung ActivSilver Formula, yang mampu memberikan perlindungan pada serangan 10 kuman berbahaya. Jangan khawatir, karena Lifebuoy sendiri sudah lolos uji klinis.

Nah, itu tadi sedikit informasi tambahan tentang menjaga kebersihan. Sekarang, kita lihat penyakit lain yang juga menyebab rasa sakit pada perut, ya.

Penyebab Sakit Perut Bagian Atas Kiri

1. Serangan Jantung

Jangan salah, karena gejala yang ditimbulkan penyakit jantung ini tidak hanya munculnya keluhan-keluhan pada organ tersebut. Beberapa gejala yang juga bisa dirasakan, antara lain : muntah, sesak napas, hingga sakit perut bagian kiri atas.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan munculnya gangguan pada sistem pencernaan kita.

Upaya pencegahan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit ini, tidak lain adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat pada keseharian, seperti menghentikan kebiasaan merokok, makan makanan sehat maupun rutin berolahraga.

2. Tukak Lambung dan atau Gastritis

Gastritis dan tukak lambung adalah dua kondisi yang berbeda. Gastritis adalah radang (iritasi) lambung, sedangkan tukak lambung adalah luka pada lambung.

Gejala pada gastritis, biasanya berupa sensai penuh setelah makan, mual, muntah dan sakit perut bagian kiri atas.

Sedangkan untuk tukak lambung, gejala lain sering dikeluhkan adalah dada terasa seperti terbakar, tidak nafsu makan, nyeri ulu hati dan sering sendawa.

3. Pankreatitis

Penyakit adalah terjadinya peradangan pada saluran kelenjar pankreas. Rasa sakit yang muncul, biasanya berawal dari sakit di bagian perut kemudian merambat sampai ke punggung.

Tidak hanya itu, penyakit ini juga menimbulkan keluhan lain seperti diare, perut sakit saat dipegang hingga mual atau muntah.

Untuk teman-teman yang mungkin merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera menghubungi layanan kesehatan terdekat. Karena penyakit pankreatitis ini termasuk penyakit berbahaya dan bisa berakibat buruk jika terlambat ditangani.

Itulah beberapa jenis penyakit yang sangat mungkin menyebabkan munculnya rasa sakit perut bagian bawah dan atas. Tentu sebaiknya tidak melakukan diagnosa sendiri, karena tenaga kesehatan tentu lebih paham tentang kondisi-kondisi tersebut.

Posting Komentar untuk "Sering Sakit Perut Bagian Kiri? Mungkin ini Penyebabnya"