Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Semen Instan dibandingkan Semen Biasa

Ketika ingin membangun rumah atau bangunan lainnya, maka semen merupakan salah satu material sangat penting. Tahu, kah Anda bahwa ternyata ada beberapa jenis semen yang digunakan untuk kebutuhan yang berbeda.

Apa Itu Semen Instan?

Semen instan atau mortar merupakan semen siap saji yang mudah digunakan. Pada semen instan umumnya terdapat kandungan semen PC1, bahan pengisi (premium filler), pasir khusus dan beberapa tambahan bahan (aditif) lainnya.

Seiring perkembangan zaman, semen instant sangat diminati banyak kalangan. Selain cara pengaplikasiannya yang mudah, semen instan sangat praktis untuk digunakan dalam pembangunan.

Untuk proses produksinya semen instan ini memakai teknologi modern yang sangat canggih. Semakin majunya perkembangan teknologi, bahan bangunanpun ikut bertransformasi bahkan menciptakan berbagai bahan bangunan baru yang sangat bermanfaat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam membangun sebuah bangunan.

Salah satunya adalah semen instan. Apa yang membuat semen instan lebih unggul dibandingkan dengan semen konvensional? Ada baiknya Anda yang ingin menggunakan semen instan mengetahui terlebih dahulu apa itu semen instan.

Cara Menggunakan Semen Instan dalam Pembangunan

Perbandingan yang baik dan benar antara jumlah semen instan dan air yang akan dipakai untuk membuat sebuah campuran yaitu 2:1. Komposisi ini bisa Anda ubah sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang dilakukan.

Contohnya untuk penggunaan air pada adukan semen plesteran dinding kamar mandi, Anda dapat menguranginya agar dapat meningkatkan ketahanan lapisan plester sehingga tidak mudah terjadi bocor.

Kegunaan Semen Instan

Semen instan dengan daya rekat yang lebih kuat sering digunakan sebagai perekat antar material bangunan seperti menempelkan ubin keramik ke dinding atau merekatkan batu bata yang ditumpuk.

Dengan bahan-bahan dasar yang berkualitas tersebut, semen instan dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus pada bagian-bagian bangunan:
  1. Perekat bata ringan
  2. Plester tembok instant
  3. Plester acian tembok
  4. Pengisi celah / nat keramik
  5. Perekat batu alam
  6. Pelapis kedap air / pelindung rembesan air
  7. Perekat keramik
Semen instan dapat diaplikasikan dari semenjak Anda mendirikan pondasi sampai ke tahap akhir pemasangan lantai dan sebagainya. Sampai pada bagian atap, mortar dapat membantu merekatkan bagian per bagian agar bangunan menjadi lebih kokoh.

Semen anti bocor merupakan salah satu julukan dari semen instan. Hal ini dikarenakan semen instan cukup ampuh digunakan sebagai pelapis yang kedap air yang digunakan agar tidak terjadi rembesan air atau kebocoran.

Keunggulan Semen Instant

Penggunaan semen instan ini membuat proses pembangunan 30% lebih cepat daripada semen konvensional. Sebab, semen konvensional akan butuh waktu lebih banyak untuk mempersiapkan material lainnya, seperti pasir dan kapur.

Proses pembuatan semen instan di pabrik melewati serangkaian tahap yang memiliki tingkat pengawasan yang tinggi. Bahan baku yang digunakan pun benar-benar dipilih dari material yang berkualitas tinggi.

Saat membangun atau merenovasi bangunan, semen instan juga bisa langsung digunakan untuk memplester batu bata hingga dinding. Hal itu membuat tenaga yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Mengingat bahannya yang serba instant, material ini tidak membutuhkan tambahan bahan seperti pasir dan kapur, sebagaimana campuran semen konvensional. Pasalnya, material ini hanya perlu mencampurkan semen dengan air, diaduk dan semen siap digunakan.

Dari berbagai macam bahan dasar tersebut dengan komposisi yang tepat kemudian diaduk menjadi campuran homogen. Campuran homogen tersebut sangat penting untuk keunggulan semen instan.

Berikut keunggulan semen instan dibandingkan semen konvensional:
  1. Biaya : Semen instant lebih hemat biaya, karena pada semen instan tidak perlu menggunakan bahan baku lain seperti kapur dan pasir. Sedangkan semen konvesional masih memerlukan beberapa bahan baku lain seperti kapur dan pasir.
  2. Waktu : Semen instant lebih hemat waktu, karena dapat langsung digunakan setelah dicampur dengan air. Sedangkan semen konvesional masih perlu ditambahkan pasir dan kapur.
  3. Hasil : Semen instant tahan terhadap retak rambut pada dinding bangunan, karena campuran homogen dari bahan dasar berkualitas tinggi. Sedangkan semen konvesional, jika pada saat pencampuran semennya kurang baik, maka akan mudah terjadi retakan seperti rambut.
  4. Daya Rekat : Semen instant memiliki daya rekat yang tinggi, karena adanya bahan-bahan khusus di dalamnya. Sehingga bangunan yang dihasilkan lebih kokoh. Sedangkan semen konvesional memiliki daya rekatnya tidak begitu tinggi, karena campuran yang tidak homogen.
  5. Finising : Semen instant memberikan hasil rapi, karena campurannya bersifat homogen sehingga memiliki tekstur yang sama. Sedangkan semen konvesional dengan hasil campurannya tidak homogen, sehingga teksturnya tidak sama.
Selain itu, campuran homogen yang terkandung dalam semen instan membuat hasil akhir yang jauh lebih baik. Lebih halus, estetis dan rapi jika dibandingkan dengan menggunakan semen konvensional.

Semen Anti Bocor Dari PRO-X 207

Semen Anti Bocor Dari PRO-X 207

PRO-X 207 merupakan pelapis kedap air 2 komponen dengan bahan dasar semen, aditif, filler dan Acrylic Copolymer yang telah diformulasikan secara khusus dengan fitur kedap air yang mudah untuk diaplikasikan.

PRO-X 207 dapat anda aplikasikan pada berbagai macam area basah baik itu interior maupun eksterior. PRO-X 207 dapat Anda gunakan pada dak beton, kamar mandi, balkon, atau pada area terendam seperti basement, kolam renang dan ground water tank.

PRO-X dapat menjadi solusi menyeluruh untuk semua keperluan waterproofing pada macam-macam tipe konstruksi dengan dukungan 2 teknologi dari brand hebat yang sangat berpengalaman di kelasnya yaitu dari PT Bangun Bersama Solusindo (PT BBS) yang merupakan joint venture antara PT Cipta Mortar Utama dengan PT Avia Avian Tbk (Avian Brands).